Pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa 2021 bidang Riset Eksakta dan Gagasan Futuristik


Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (KEMENRISTEK DIKTI) Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki Mahasiswa-mahasiswi Indonesia dalam melakukan pengkajian, pengembangan, serta penerapan ilmu dan teknologi yang telah dipelajari di perkuliahan kepada masyarakat luas.

Pada periode pendanaan PKM kali ini, terdapat 4 Tim dari FTb UAJY yang berhasil lolos. Tim pertama yang terdiri atas Devi Alvina (Ketua), Yuki, Hermawan Sulistio, Polikarpus Olivio, Wibawa Putra, dan Bertholomeus Moan Lukas Lamakey yang lolos di PKM-GFK dengan judul “Green Energy Sea Water Treatment System” Implementasi Pengolahan Air Laut yang Terintegrasi sebagai Upaya Pemerataan Air Bersih untuk Provinsi Papua. Tim kedua terdiri atas Michele Liony Maria Onibala (Ketua), Maria Ariska Happy Suntadi, Jovitta Theachrysilla Wiadji, Yustina Wanda, dan Yohanes Candra Gunawan yang lolos di PKM-RE dengan judul Efektivitas Gel Ekstrak Hidroalkoholik Daun Oncidium sp. terhadap Aktivitas Penyembuhan Luka Kulit Dorsum Tikus Sprague Dawley Jantan.

Tim ketiga, yang terdiri atas Clara Rida Sampore (Ketua), Clarissa Angelina Novita Cahyono, dan Dian Ariani Saputra yang lolos di PKM-RE dengan judul Karakteristik Roti Sourdough Substitusi Tepung Tempe Gude (Cajanus cajan L.) Rendah Gluten dan Tinggi Protein. Tim terakhir, tim keempat, terdiri atas Michelle Audrey Teguh (Ketua), Vania Uly Andyra, dan Irvine Eugenius Ignatio lolos di PKM-RE dengan judul Tetes Mata dari Ekstrak Bunga Telang (Clitoria ternatea L.) untuk Iritasi Mata dengan Mekanisme Antiinflamasi dan Antibakteri

Selamat kepada teman-teman yang lolos di pendanaan PKM 2021! Bersiap untuk melakukan penelitian! We Proud of You!

Semangat dan terus berdinamika!