Laboratorium Teknobio-Pangan


Laboratorium Teknobiopangan adalah Laboratorium yang ada di Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang dikelola oleh minat Teknobiopangan. Fungsi Laboratorium ini untuk mendukung kegiatan:

  1. Praktikum mahasiswa S-1 baik semester gasal maupun semester genap.

Praktikum semester gasal : Praktikum Kimia Dasar, Praktikum Kimia Analisa Instrumen, Praktikum Mikrobiologi Pangan.

Praktikum semester genap: Praktikum Kimia Organik, Praktikum Kimia Pangan, Praktikum Teknologi Pengolahan Pangan.

  • Penelitian mahasiswa dan penelitian dosen
  • Pelayanan jasa analisis : analisis tekstur, analisis warna, analisis kandungan protein.

Alat yang tersedia untuk analisis tersebut adalah Texture Analyzer merk Lloyd, Colour Reader, dan Kjeldahl Instrument merk Buchii.

Selain itu Laboratorium Teknobiopangan juga didukung ruang produksi yang digunakan mahasiswa untuk trial product, uji organoleptic, dan membuat produk dari hasil penelitian. Ruang produksi ini tersedia peralatan : Vacum Frying, Ice Cream Maker, Oven, Freezer, Cool Box, Kulkas.

Analisa Mikrobiologi juga bisa dilakukan di Lab Teknobiopangan dengan peralatan yang cukup memadahi ialah Laminair Air Flow yang berada pada ruang steril, incubator, almari preparat, mikropipet, serta peralatan gelas yang lengkap.Disertai juga ketersediaan medium-medium yang diperlukan, dan bahan-bahan kimia.

Peralatan lain yang tersedia: Rotary Evaporator merk Buchii, alat destilasi untuk memenuhi kebutuhan akuades, alat destilasi uap, alat Sokhlet, Viscosimeter.