Pekan Olahraga dan Seni Teknobiologi (P.O.S.T.) merupakan salah satu program kerja dari Departemen Minat dan Bakat Presidium Mahasiswa (PRESMA) Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Kegiatan P.O.S.T. sendiri diadakan dengan tujuan menjalin serta mempererat koneksi yang baik antar tiap angkatan di FTb UAJY, sebagai sarana hiburan di luar jam perkuliahan, dan sebagai sarana untuk dapat menyalurkan minat dan bakat mahasiswa FTb UAJY dalam bidang olahraga dan seni. Kegiatan P.O.S.T. sendiri sudah tidak diadakan selama kurang lebih 2 tahun dikarenakan adanya pandemi Covid-19 yang melanda, sehingga seluruh kegiatan mahasiswa harus dilaksanakan secara daring. Kini, P.O.S.T. 2022 dapat dilaksanakan kembali secara luring, pastinya dengan tetap memperhatikan segala protokol kesehatan yang ada.

Rangkaian kegiatan P.O.S.T 2022 kali ini diadakan pada tanggal 4-9 Juli 2022 dengan mengangkat tema “Wreck Yourself : Go Stronger Together, Beyond Our Ability”. Dalam kegiatan P.O.S.T. 2022 kali ini juga dilaksanakan berbagai macam perlombaan secara daring dan luring, hingga akhirnya ditutup dengan acara Awarding Day dan Mini Concert dari Komus FTb UAJY. Terdapat beberapa lomba yang dilaksanakan secara luring seperti lomba masak, futsal (putra/putri), dan badminton (ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran), sedangkan lomba yang dilaksanakan secara daring yaitu lomba E-sport (Mobile Legend). Seluruh rangkaian kegiatan P.O.S.T. ini diikuti oleh perwakilan masing-masing angkatan dari mahasiswa aktif FTb UAJY, dimulai dari angkatan 2018 hingga 2021.

Hari pertama kegiatan P.O.S.T. pada tanggal 4 Juli 2022, dilaksanakan kegiatan lomba masak yang berlokasi di Lapangan Lilin Kampus 2 Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Lomba masak ini dilaksanakan dari pukul 09.00-12.00 WIB dan diikuti oleh 4 kelompok peserta dari mahasiswa FTb UAJY angkatan 2019 dan 2020, dimana masing-masing kelompok terdiri dari 1-3 orang. Dalam lomba masak ini juga terdapat beberapa dosen FTb UAJY yang ditugaskan sebagai juri, yakni Pak Yudho, Bu Sendy, dan Bu Indah. Juara 1 dalam lomba masak ini dimenangkan oleh kelompok 1, yakni mahasiswa FTb UAJY angkatan 2020 yang terdiri dari Cristina Rima, Titania Feba, dan Maria Nizita. Sedangkan, juara 2 dalam lomba masak ini dimenangkan oleh kelompok 2, yakni mahasiswa FTb UAJY angkatan 2019 yang terdiri dari Bernadheta Natalia, Margaretha Sekar, dan Novia Ardelia.

Hari kedua dan ketiga kegiatan P.O.S.T. pada tanggal 5-6 Juli 2022, dilaksanakan kegiatan lomba futsal (putra/putri) yang berlokasi di Pro 2 Futsal RRI. Pada tanggal 5 Juli 2022, dilaksanakan babak penyisihan bagi futsal putra dari angkatan 2019, 2020, dan 2021 yang berlangsung pada pukul 14.00-19.30 WIB. Pada tanggal 6 Juli 2022, dilaksanakan babak final bagi futsal putra dari angkatan 2019 dan 2020, serta final bagi futsal putri dari angkatann 2019 dan 2020 yang berlangsung pada pukul 17.00-19.30 WIB. Acara lomba futsal (putra/putri) ini juga dibantu oleh Kak Nicho dan Kak Mario yang ditugaskan sebagai wasit dalam pertandingan.

Dalam lomba futsal putra, juara 1 dimenangkan oleh mahasiswa FTb UAJY angkatan 2019 yang terdiri dari Willy Silky, Laurensius Reza, Matthew Lareen, Brian Andika, Andreas Setiawan, Abraham Gilbert, Kevin Gabriel, Kevin Cahyadi, Dionisius Setiawan, dan Agum. Juara 2 lomba futsal putra dimenangkan oleh mahasiswa FTb UAJY angkatan 2020 yang terdiri dari Aurelius Fersa, Nicolas Dhiko, Dominicus Julian, Albert Feliciano, Alfa Ariyanto, Dionysius Hans, Yeremia Alberdi, dan Bugar Anggelar. Dalam lomba futsal putri, juara 1 dimenangkan oleh mahasiswa FTb UAJY angkatan 2019 yang terdiri dari Meisy, Angela Nova, Caecilia Radella, Veronika Mia, Maria Yuventia, Aquina Bella, dan Salsa Billa. Juara 2 lomba futsal putri dimenangkan oleh mahasiswa FTb UAJY angkatan 2020 yang terdiri dari Emanuella Priscilia, Isabelle Arietha, Agnes Maharani, Vincentia Nadya, Mary Chrisdianti, Geralda Anindya, dan Gracia Christanti.

Bersamaan dengan kegiatan lomba futsal, pada tanggal 6 Juli 2022 juga dilaksanakan lomba E-sport (Mobile Legend) secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting pada pukul 09.00-12.00 WIB. Lomba ini diikuti oleh 5 kelompok peserta dari mahasiswa FTb UAJY angkatan 2018 hingga 2021, dimana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 pemain. Meskipun pertandingan dilaksanakan secara daring, tetapi banyak teman-teman mahasiswa lain yang juga antusias untuk menonton bersama dan mendukung angkatannya masing-masing. Juara 1 dalam lomba E-sport ini dimenangkan oleh kelompok 2, yakni mahasiswa FTb UAJY angkatan 2020 yang terdiri dari Gracia Christanti, Ignatius Andika, Benny, Yeremia Alberdi, dan Michael Pangeran. Sedangkan, juara 2 dalam lomba E-sport ini dimenangkan oleh kelompok 5, yakni mahasiswa FTb UAJY angkatan 2021 yang terdiri dari Joverd Gilberd, Yohanes Abraham, Albertus Erri, Richardo Ruskim, dan Andrew Kenzu.

Hari keempat dan kelima kegiatan P.O.S.T. pada tanggal 7-8 Juli 2022, dilaksanakan kegiatan lomba badminton (ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran) yang berlokasi di GOR Chenk Chenk Pho. Lomba badminton pada tanggal 7 Juli 2022 dilaksanakan babak penyisihan yang berlangsung pada pukul 13.00-17.30 WIB, sedangkan pada tanggal 8 Juli 2022 dilaksanakan babak final yang berlangsung pada pukul 16.00-19.00 WIB. Lomba badminton untuk ganda putra diikuti oleh 4 kelompok dari angkatan 2018 hingga 2020, untuk ganda putri diikuti oleh 6 kelompok dari angkatan 2018 hingga 2021, dan untuk ganda campuran diikuti oleh 4 kelompok dari angkatan 2019 hingga 2021. Acara lomba badminton ini juga dibantu oleh Kak Willy, Kak Brian, Kak Kevin, Kak Satya, Kak Dion, dan Kak Levin sebagai wasit dalam pertandingan.

Juara 1 lomba badminton kategori ganda putra dimenangkan oleh kelompok 1 dari perwakilan angkatan 2019, yaitu Kevin Cahyadi dan Willy Silky. Juara 2 lomba badminton kategori ganda putra dimenangkan oleh kelompok 4 dari perwakilan angkatan 2019, yaitu Brian Andika dan Kevin Gabriel. Juara 1 lomba badminton kategori ganda putri dimenangkan oleh kelompok 1 dari perwakilan angkatan 2019, yaitu Angela Nova dan Caecilia Radella. Juara 2 lomba badminton kategori ganda putri dimenangkan oleh kelompok 3 dari perwakilan angkatan 2018, yaitu Theresia Erina dan Theresia Ulina. Juara 1 lomba badminton kategori ganda campuran dimenangkan oleh kelompok 2 dari perwakilan angkatan 2019, yaitu Kevin Cahyadi dan Caecilia Radella. Juara 2 lomba badminton kategori ganda campuran dimenangkan oleh kelompok 3 dari perwakilan angkatan 2019, yaitu Veronika Mia dan Dionisius Setiawan.

Hari terakhir P.O.S.T. pada tanggal 9 Juli 2022 ditutup dengan kegiatan Mini Concert & Awarding Day secara hybrid pada pukul 14.00-16.00 WIB. Kegiatan ini dihadiri langsung secara luring oleh beberapa perwakilan panitia yang diadakan di Rockstar Studio, sedangkan panitia lain dan peserta bisa menontonnya melalui live streaming di Zoom Meeting. Kegiatan Mini Concert & Awarding Day kali ini dilaksanakan berupa penampilan menarik dari Komus FTb UAJY, pengumuman pemenang dari masing-masing lomba, pengumuman juara umum P.O.S.T. 2022 yang dimenangkan oleh angkatan 2019, dan ada pula kegiatan ice breaking yang tidak kalah seru dan menarik. Dalam acara Mini Concert & Awarding Day, penampilan komus FTb UAJY yang diwakili oleh Dominicus Julian, Fransesco Pedro, Realinus Aryo, dan Maria Yuventia, juga sangat dinantikan oleh penonton. Mereka membawakan 3 lagu berbeda yang dinyanyikan secara duet maupun solo, yaitu “Orang ke 3”, “Love of My Life”, dan “Semoga Iya”. Akhir dari kegiatan Mini Concert & Awarding Day ditutup dengan doa dan foto bersama seluruh panitia dan peserta yang hadir.

Leave a Comment