Kelompok Studi Biologi (KSB) pada tanggal 10-12 Juli 2022 telah mengadakan pengamatan insekta di daerah Pesiraman Kali Opak, Jrebesan, Kalitirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengamatan insekta dilakukan setiap pagi dan sore hari, yang diikuti oleh anggota KSB mulai dari Latsar 21 hingga Latsar 25. Tujuan dari pengamatan ini yaitu mendata spesies capung dan kupu-kupu yang ada di Pesiraman Kali Opak dan sebagai sarana untuk belajar bersama.

Metode yang digunakan selama kegiatan yaitu metode jelajah dengan membagi jalur menjadi 2 yaitu jalur darat dan jalur air. Anggota yang mengikuti kegiatan ini dibagi menjadi beberapa kelompok dan setiap anggota diberi tugas yaitu pendata spesies, dokumentasi, backup dan pengamat di kawasan tersebut. Spesies yang ditemukan di lokasi pengamatan diantaranya Orsotriaena medus, Leptosia nina, Libellago lineata, dan Brachythemis contaminata.

Data yang kami dapatkan merupakan hasil diskusi bersama dengan menggunakan acuan buku identifikasi. Proses diskusi berjalan dengan lancar dan menyenangkan karena setiap anggota saling berbagi wawasan tentang capung dan kupu-kupu. Menurut Birgita Herna sebagai salah satu peserta pengamatan memberikan kesannya selama mengikuti kegiatan di Pesiraman Kali Opak. Kesan ini diberikan sebagai bagian dari proses pembelajaran di lapangan dan bentuk motivasi kepada anggota Kelompok Studi Biologi (KSB) untuk ikut serta dalam pengamatan.

“Saya senang mengikuti kegiatan pengamatan insekta di Pesiraman Kali Opak. Saya juga dapat menambah pengetahuan mengenai ciri-ciri khusus dan cara identifikasi beberapa jenis kupu-kupu ataupun capung. Namun, sangat disayangkan karena beberapa jenis kupu-kupu ketika ditangkap sudah dalam keadaan sayap yang rusak sehingga kami perlu lebih teliti untuk mengidentifikasinyaā€¯ Birgita Herna.

Salam Lestari!!

Leave a Comment