Juara III Tingkat Nasional Indonesia Civil and Environmental Festival 2020


Indonesia Civil and Environmental Festival 2020 adalah acara tahunan yang dilaksanakan Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil (Himatesil), Institut Pertanian Bogor. Event ini mencakup banyak perlombaan mulai dari Lomba Desain Eco-Village, Lomba Karya Tulis Ilmiah, Lomba Maket Jembatan, Lomba Infografis hingga Webinar Nasional.

Pada Kesempatan kali ini, Tim CAC Marvendra yang beranggotakan Mahasiswa/I UAJY dari berbagai Fakultas, yang salah satunya adalah Maria Ariska, Mahasiswi FTb UAJY angkatan 2018, berhasil merebut juara 3 tingkat nasional untuk lomba infografis. Dibawah bimbingan Bapak Didit Gunawan Prasetyo Jati, S.Kom, M.Sc., mereka memberi tajuk pada infografis mereka “Lapan A3, Satelit Karya Anak Negeri untuk Pembangunan Indonesia”.

Lapan-A3 / LAPAN-IPB (LISat) adalah proyek mikrosatelit penginderaan jauh kerja sama antara LAPAN dn IPB. Satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB memiliki muatan utama yaitu kamera multispectral bernama LISA (Line Imager Space Application) dengan misi utama yaitu untuk menghasilkan full citra kamera multrispektral di wilayah NKRI dengan memiliki orbit polar yang melewati wilayah Indonesia sebanyak 4 kali. Tambahan muatan dari LAPAN-A3 yaitu kamera digital untuk pembangunan infrastruktur namun dipengaruhi kondisi awan, kamera termal dengan tahap eksperimen, HFGM (Hybrid Fluxgate Magnetometer) untuk penelitian medan magnet, dan AIS (Automatic Identification System) untuk melengkapi data kapal pada orbit polar. Tujuan nyata LAPAN-A3/ LAPAN-IPB adalah menyediakan data yang actual, sering dan akurat untuk mengamati dan memprediksi kondisi kepulauan Indonesia. Pada satelit ini, LAPAN bertanggung jawab atas desain dan pengembangan mikrosatelit, sedangkan IPB bertanggung jawab atas pengembangan aplikasi algoritma dan dataset. Kebutuhan informasi yang dapat disediakan yaitu penutup lahan dan identifikasi objek, serta Digital Elevation Model (DEM).