Virtual Factory Tour PT. Ajinomoto Indonesia


Mata Kuliah Nutrasetika yang diampu oleh Ibu Dr. rer. nat. Yuliana Reni Swasti, S.TP., M.P. mengadakan Virtual Factory Tour ke PT. Ajinomoto Indonesia pada Jumat, 4 Maret 2022 pukul 09.00 hingga selesai melalui kanal zoom meeting. Walaupun dikhususkan untuk mahasiswa/mahasiswi kelas Nutrasetika, namun virtual tour ini juga dibuka untuk mahasiswa/mahasiswi Program Studi Biologi Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang berminat untuk mengikuti acara tersebut.

Acara dihadiri oleh mahasiswa/mahasiswa kelas Nutrasetika, beberapa mahasiswa, dan beberapa dosen Program Studi Biologi Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Penjelasan dan materi diisi oleh pihak PT. Ajinomoto Indonesia mulai dari sejarah penemuan rasa umami oleh Prof. Kikunae Ikeda, bahan dan proses pembuatan MSG Ajinomoto, pengolahan limbah, serta Gerakan Bijak Garam. Pertanyaan-pertanyaan dari peserta ditampung dalam kolom chat, dan setelah penjelasan dan materi selesai, dijawab dalam sesi diskusi. Baik mahasiswa maupun dosen antusias dalam mengajukan pertanyaan mengenai materi yang sudah dijelaskan.

Seluruh rangkaian acara berjalan dengan lancar dan diharapkan melalui acara ini, mahasiswa memiliki gambaran mengenai rasa umami dan MSG sebagai penyedap rasa yang aman, proses pembuatan MSG di industri dan pengolahan limbahnya.