KAMPUS MENGAJAR – Kegiatan Workshop TechnobioFun 2022


TechnobioFun merupakan kegiatan Workshop yang diselenggarakan oleh Presidium Mahasiswa (PRESMA) Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta dimana mengangkat 3 tema yang sangat menarik yaitu  Isolasi DNA dari Saliva dengan Bahan Di Sekitar Kita untuk Deteksi Kesehatan (Tekno-Industri), Pembuatan Microgreen Sederhana untuk Bantu Penuhi Gizi (Tekno-Lingkungan), dan Pengujian Cemaran Bakteri pada Produk Susu (Tekno-Pangan). Kegiatan Workshop TechnobioFun ini diadakan secara luring maupun daring yang dimulai pada tanggal 26, 28 Januari dan 5 Februari 2022. Kegiatan Workshop luring disambut secara antusias di SMA Pangudi Luhur Sedayu pada Rabu, 26 Januari 2022 dan SMA Dominikus Wonosari pada Jumat, 28 Januari 2022. Selain Workshop luring, workshop yang diadakan secara daring pun tidak kalah serunya karena diikuti oleh peserta dari SMA Tarsisius 1, SMA Kolese Gonzaga, SMA Al Azhar Menganti Gresik, SMAN 8 Yogyakarta, SMAN 1 Kuta dan masih banyak lagi.

Dalam kegiatan Workshop luring terdapat beberapa Dosen dan Panitia kegiatan yang diutus ke masing-masing sekolah yang dituju. SMA Pangudi Luhur Sedayu, dibimbing oleh Bapak Ignatius Putra dan panitia yang ikut yaitu Vincentia Devista, Yermia, Agatha Ines, Christina Lucky, dan Michael Pangeran dengan pembahasan yang diberikan yaitu “Pembuatan Microgreen Sederhana untuk Bantu Penuhi Gizi”, sedangkan kegiatan Workshop luring di SMA Dominikus Wonosari yang juga dibimbing oleh Bapak Ignatius Putra dan panitia yang ikut yaitu Vincentia Devista, Eklesia Vida, Michael Pangeran, dan Yeshika Oktavia dengan pembahasan yang diberikan yaitu “Pembuatan Microgreen Sederhana untuk Bantu Penuhi Gizi serta identifikasi keanekaragaman hayati sekitar dengan software iNaturalist”. Kegiatan tersebut sangat menarik karena setelah pembahasan dilanjutkan dengan praktikum dimana masing-masing siswa mendapatkan kesempatan untuk mempraktekkan sendiri menggunakan alat-alat yang telah panitia bawakan.

Workshop yang diadakan secara daring atau Virtual National Workshop diadakan pada Tanggal 5 Februari 2022 menggunakan via ZOOM dan diikuti oleh lebih dari seratus peserta yang berasal dari berbagai sekolah. Workshop melalui via ZOOM ini dimulai pada pukul 08.00 WIB yang dibuka oleh MC kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Panitia yaitu Yeshika Oktavia dan Dekan Fakultas Teknobiologi UAJY yaitu Ibu Mursyanti Exsyupransia. Dra. M.Si. Peserta workshop dibagi dan masuk ke dalam 3 break out room yang berbeda sesuai dengan tema workshop yang telah ditentukan. Di dalam break out room, terdapat dosen pembimbing yang memberikan pemaparan materi kemudian asisten dosen yang membantu memperagakan tatacara pelaksanaan, setelah pembahasan kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan kegiatan ini berakhir pada pukul 10.00 WIB.

Kegiatan Workshop TechnobioFun ini diharapkan dapat memperlihatkan keseruan dalam belajar Biologi dimana Biologi bukan hanya soal menghafal tapi ilmu Biologi juga dapat dipraktekkan dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan bersama.