Tanpa Malu, Buat Mereka Terpukau!


Yovie Santoso, FTb 2016

Public Speaking, ini hal utama yang harus menjadi soft skill bagi setiap orang agar bisa tampil di depan khalayak umum. Hal ini lah yang dibagikan oleh Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta, kepada pengurus Presidium Mahasiswa FTb UAJY, agar menjadi bekal kedepannya. Fakultas Teknobiologi UAJY mengadakan Workshop Public Speaking pada hari Sabtu, 22 Juni 2019, pukul 08.00 – 15.00 WIB di Audiovisual Kampus 2 UAJY. Workshop ini dibawakan oleh Lusy Laksita, seorang yang sudah lama menjalani profesi sebagai penyiar radio.

            Workshop ini dimulai dari penyampaian materi tentang public speaking, dimana aspek dari public speaking yang terdiri dari verba, vokal dan visual. Selain itu, materi terdiri dari bentu public speaking, kemampuan berbahasa, tata bahasa, olah suara, ciri suara bagus, persiapan, teknik penguasaan khalayak, kiat tampil memikat, tips jadi pembiacara handal, tujuan, manfaat serta hal yang harus dihindari. Tak lupa, ada tips dan trik yang bisa dilakukan dalam mengatasi permasalahan utama dalam public speaking, yaitu takut untuk berbicara di depan umum.

            Sesi selanjutnya adalah praktik, dimana seluruh peserta maju secara berkelompok dan melakukan latihan akan public speaking tentang apa saja. Ibu Lusy juga memberikan kritik dan saran akan praktik yang telah dilakukan di depan. Wokshop ini diadakan dengan harapan agar bisa menjadi dasar untuk mahasiswa bisa tampil di depan umum dengan baik. Acara ditutup dengan doa dan foto bersama.

Foto Bersama Lusy Laksita dan Pengurus PRESMA FTb UAJY (Dokumentasi Pribadi, 2019).