Protokol, Sebagai Pondasi Utama.


Yovie Santoso, FTb 2016

Jum’at, 21 Juni 2019, Fakultas Teknobiologi UAJY mengadakan Workshop Protokol pada pukul 16.00 – 18.00 WIB di Ruang Audiovisual Kampus II UAJY. Fakultas mengundang L. Dwi Rini Harjanti, SIP., sebagai pemateri dan beliau merupakan mantan Wakil Kepala Bidang Kerjasama di UAJY. Workshop ini dihadiri sebanyak 40 orang yang terdiri dari seluruh pengurus Presidium Mahasiswa Fakultas Teknobiologi UAJY periode 2018/2019 dan 2019/2020.

Sesi pertama adalah pematerian oleh Ibu Rini, dimana beliau memberikan segala protokol yang harus diperhatikan dalam acara. Protokol sendiri merupakan serangkaian aturan-aturan yang harus dipatuhi dalam keupacaraan segala kegiatan. Protokol yang dimaksudkan meliputi tata tertib, tata tempat, tata upacara dan tata penghormatan. Dalam workshop ini, peserta benar-benar diajarkan bagaimana menyusun suatu acara agar dapat berlangsung secara tertata dan baik adanya. Baik formal maupun non-formal, setiap acara harus mengikuti protokol, selebihnya menyesuaikan dengan peserta yang hadir.

Sesi Pematerian oleh Ibu L. Dwi Rini Harjanti, SIP. (Dokumentasi Pribadi, 2019).

Sesi berikutnya adalah sesi tanya jawab antara peserta dan Ibu Rini. Banyak dari peserta yang menanyakan hal yang sebelumnya tidak mereka ketahui seperti bagaimana tips dan trik sebagai penyusun acara agar tidak melewatkan detail penting. Dengan ramah, Ibu Rini memberikan jawaban yang membuat peserta merasa puas.

Sesi akhir, Ibu Rini memberikan kesempatan pada peserta untuk menyusun suatu acara, dimana seluruh peserta dibagi menjadi 3 kelompok besar. Selanjutnya, setiap kelompok melakukan diskusi dalam penyusunan acara yang sudah dibagi kemudian dipresentasikan. Sebagai pemateri, Ibu Rini turut aktif memberikan kritik dan saran dalam acara yang sudah dibuat. Workshop ini berakhir dengan sesi foto bersama, dan diharapkan dapat menambah wawasan mahasiswa dalam penyusunan dan pelaksanaan acara yang baik dan benar.

Ibu L. Dwi Rini Harjanti, SIP. Bersama Seluruh Peserta Workshop Protokol (Dokumentasi Pribadi, 2019).