SMA Kolese Loyola Semarang dan SMA Budi Utama Yogyakarta Juarai Lomba Karya Ilmiah Biofair FTb UAJY 2024

SMA Kolese Loyola Semarang dan SMA Budi Utama Yogyakarta mendominasi kejuaraan Lomba Karya Ilmiah di Biofair UAJY 2024. Juara 1 dan 3 diraih oleh SMA Kolese Loyola, dengan judul “Pemanfaatan ekstrak kulit buah semangka dan minyak biji alpukat sebagai bahan tambahan pembuatan lip balm” dan “Uji sifat biodegradable plastik berbasis serat selulosa limbah enceng gondok (Eichornia crassipes) dengan penambahan gliserol”. Sedangkan Juara 2 dimenangkan oleh SMA Budi Utama Yogyakarta dengan judul “Perbedaan penambahan ekstrak daun kelor pada kualitas keju”. Keunikan dan inovasi dari judul dan karya tulis peserta menunjukkan kesadaran anak muda pada permasalahan konkrit yang ada di sekitar kita, terutama pada potensi bahan lokal yang masih bisa dimanfaatkan.

Pada tanggal 5 Mei 2024 yang lalu, Universitas Atma Jaya Yogyakarta menggelar Lomba Karya Ilmiah sebagai salah satu rangkaian acara Biofair 2024 yang diadakan oleh Presidium Mahasiswa (PRESMA) Fakultas Teknobiologi. Kegiatan ini merupakan ajang bagi para siswa SMA untuk menunjukkan kreativitas dan inovasi mereka dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Lomba ini diikuti oleh berbagai tim yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dengan tema umum yaitu “Potensi Sumber Daya Alam Lokal sebagai Upaya Menerapkan Siklus Sumber Daya yang Sustainable”. Lomba ini didasari atas pentingnya pemanfaatan SDA lokal di bidang lingkungan, industri, dan pangan, dengan sub tema masing-masing yaitu “Upaya Pengolahan Limbah Organik Menggunakan Sumber Daya Lokal yang Ramah Lingkungan”, “Pengembangan Produk Berbahan Dasar Tumbuhan Lokal sebagai Obat Alami”, dan “Olahan Karbohidrat Alternatif Berbasis Bahan Pangan Lokal”. Lomba ini ini berada di tahapan final yang mempertandingkan 6 tim finalis yang mempresentasikan karya tulis mereka di Kampus III, Gedung Bonaventura UAJY.

Lomba Karya Ilmiah Biofair 2024 dinilai oleh panel juri dari dosen-dosen Fakultas Teknobiologi UAJY, antara lain Drs. F. Sinung Pranata, M.P., Drs. P. Kianto Atmodjo, M.Si., dan Dra. L. Indah Murwani Y, M.Si. Dengan keahlian dan pengalaman mereka, ketiga juri ini memberikan penilaian yang objektif dan mendalam terhadap setiap karya yang dipresentasikan.

Lomba Karya Ilmiah Biofair 2024 menarik perhatian banyak sekolah menengah atas dari berbagai kota di Indonesia. Mereka datang dengan membawa ide-ide menarik dan inovatif, serta menunjukkan kepedulian peneliti muda mengenai pemanfaatan sumber daya alam lokal. Kompetisi ini tidak hanya menjadi ajang unjuk gigi bagi para peserta, tetapi juga menjadi sarana pembelajaran yang berharga melalui pertukaran pengetahuan dan pengalaman.

Materi yang disampaikan oleh para peserta pun tidak kalah menarik dan inovatif. Mulai dari pembahasan mengenai aktivitas antioksidan pada sabun organik dengan penambahan ampas teh dan kopi, pemanfaatan tepung gembili dan ubi ungu sebagai pangan alternatif bagi penderita diabetes, dan tentunya masih banyak lagi. Antusiasme dari para peserta mencerminkan adanya kesadaran pada generasi muda Indonesia yang memperhatikan masalah konkrit mengenai sumber daya alam lokal yang belum banyak dieksplorasi oleh masyarakat. Hal ini menjadi referensi yang menarik bagi kaum pelajar dan mahasiswa.

Setelah melalui proses seleksi dan penilaian yang ketat, tiga tim terbaik akhirnya dinobatkan sebagai pemenang Lomba Karya Ilmiah Biofair 2024. Juara satu diraih oleh tim dari SMA Kolese Loyola Semarang dengan judul karya ilmiah “Pemanfaatan Ekstrak Kulit Buah Semangka dan Minyak Biji Alpukat sebagai Bahan Tambahan Pembuatan Lip Balm”. Tim dari SMA Budi Utama Yogyakarta meraih juara kedua dengan penelitian berjudul “Perbedaan Penambahan Ekstrak Daun Kelor pada Kualitas Keju”. Tim lain dari SMA Kolese Loyola Semarang kembali menorehkan prestasi dengan meraih juara ketiga dengan judul karya ilmiah “Uji Sifat Biodegradable Plastik Berbasis Serat Selulosa Limbah Eceng Gondok (Eichornia crassipes) dengan Penambahan Gliserol”.

Biofair 2024 berhasil menjadi wadah bagi para pelajar untuk mengembangkan potensi mereka, memperluas wawasan, serta menjalin jaringan dengan sesama pelajar dari berbagai daerah. Semoga ajang ini dapat terus dilaksanakan dan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia, mendorong lebih banyak inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan.

Lomba Karya Ilmiah ini adalah salah satu dari rangkaian acara menarik dalam Biofair 2024. Agenda Biofair 2024 masih panjang dan dipenuhi berbagai kegiatan menarik dan edukatif, seperti Open House yang akan diadakan di bulan Juni, Pelepasan Tukik dan Bersih-Bersih Pantai di bulan Juli, dan perlombaan Basket dan Dance Competition di bulan Agustus. Dengan berbagai kegiatan menarik ini, Biofair 2024 diharapkan dapat memberikan pengalaman yang berharga dan menyenangkan bagi semua peserta dan pengunjung. Mari kita dukung dan ikuti setiap rangkaian acara Biofair 2024 untuk menambah wawasan, mempererat persaudaraan, dan bersama-sama menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan.

 

Oleh : Theodorus Aryo Bimo Susanto
Editor: Teresa Ramadhinara Subando

× Tanya Kami