FTB UAJY dan PRTPP BRIN menandatangani Perjanjian Kerja Sama di acara ICFAS 2023

Ditulis oleh Monika Ruwaimana, PhD.

Pada acara 2nd International Conference on Food and Agricultural Sciences (ICFAS) tahun 2023, Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FTB UAJY) dan Pusat Riset Teknologi dan Proses Pangan Badan Riset dan Inovasi Nasional (PRTPP BRIN) secara resmi menandatangani perjanjian kerja sama. Acara tersebut diselenggarakan secara hybrid di Hotel Grand Rohan, Yogyakarta pada 12-14 Desember 2023. Penandatanganan ini diwakili oleh Dekan FTB UAJY, apt. Ines Septi Arsiningtyas, Ph.D., dan Kepala PRTPP BRIN, Satriyo Krido Wahono, Ph.D. Selain dengan FTB UAJY, BRIN juga menjalin kerjasama dengan beberapa institusi lainnya.

Kerjasama ini melibatkan eksplorasi riset bahan alam Indonesia sebagai sumber pangan fungsional dan nutrasetikal. Beberapa kegiatan yang akan dilakukan antara lain adalah identifikasi dan penemuan sumber pangan fungsional, isolasi bahan alam untuk kandidat nutrasetikal dan/atau fortifikasi pangan, pengembangan bahan alam menjadi produk pangan dengan fungsionalitas tertentu, deteksi dan dekontaminasi bahan berbahaya pada produk pangan, pemanfaatan bersama sarana dan prasarana laboratorium, serta pertukaran informasi dan ilmu pengetahuan.

Salah satu langkah awal dalam kerjasama ini adalah pembimbingan tugas akhir mahasiswa FTB UAJY oleh staf BRIN. Penelitian ini berkaitan dengan komoditas pangan yang sedang diteliti oleh PRTPP BRIN, yakni sorghum dan kopi. Sebagai contoh, mahasiswa Ade Gaudansia Butar-Butar sedang meneliti “Kualitas Sosis Jamur Tiram Putih dengan Kombinasi Penambahan Tepung dan Tepung Tempe Kacang Koro Pedang,” dibimbing oleh L.M. Ekawati Purwijantiningsih, S.Si., M.Si. dari FTB UAJY dan Dr. Sri Handayani, M.Si. dari PRTPP BRIN. Penelitian lainnya termasuk “Kualitas Snack Bar Kombinasi Tepung Tempe Koro Benguk (Mucuna pruriens) dan Tepung Sorgum Cokelat (Sorgum bicolor) dengan pengikat Kulit Pisang Kepok (Musa paradisiaca formatypica)” oleh mahasiswa Ignatius Ariel Zeta Yudhistira, yang dibimbing oleh Dr. rer. nat. Yuliana Reni Swasti, S.TP., M.P. dari FTB UAJY dan Anastasia Wheni Indrianingsih, Ph.D dari PRTPP BRIN. Selanjutnya, “Kualitas Permen Jeli dengan Penambahan Ekstrak Cascara Kopi Sebagai Sumber Antioksidan dan Pengikat” oleh mahasiswa Dhimas Wiratsongkojati, dibimbing oleh Dr. rer. nat. Yuliana Reni Swasti, S.TP., M.P. dan Dr. Tri Wiyono, M.Si. dari PRTPP BRIN.

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara FTB UAJY dan PRTPP BRIN dalam rangka ICFAS 2023 menandai langkah awal yang signifikan dalam kolaborasi riset dan pengembangan di bidang pangan fungsional dan nutrasetikal. Keduanya berkomitmen untuk bersama-sama menjalankan program-program tersebut dengan tujuan mendukung inovasi dan peningkatan kualitas pangan di Indonesia. Melalui kerjasama ini, diharapkan akan lahir temuan-temuan penting dalam eksplorasi sumber daya alam Indonesia, khususnya sorghum dan kopi, untuk memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan produk pangan yang inovatif dan bermanfaat bagi masyarakat.