Workshop Guru Biologi SMA se-DIY dan sekitarnya


Berangkat dari kepedulian Fakultas Teknobiologi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta terhadap dunia pendidikan di tingkat sekolah menengah, maka beberapa kegiatan terkait peningkatan mutu pendidikan di tingkat sekolah dilaksanakan untuk keperluan tersebut. Salah satunya adalah kegiatan workshop bagi guru-guru Biologi SMA.

Setidaknya setahun sekali fakultas teknobiologi mengadakan workshop tersebut bagi guru-guru pendamping bersamaan dengan pelaksanaan olimpiade Biologi SMA tingkat Nasional. Sejak adanya pandemi COVID-19, lalu mulai dibuat rancangan workshop yang dikemas dalam bentuk yang berbeda. Berdasarkan survei awal yang dilakukan terhadap guru-guru di wilayah Yogyakarta menunjukkan bahwa guru-guru di masa pandemi ini lebih tertarik untuk mengikuti workshop bertemakan Bioteknologi dan Bioinformatika.

Berdasarkan hasil survei tersebut, pada tanggal 12 – 20 Oktober Fakultas teknobiologi UAJY, workshop bagi guru-guru Biologi SMA se-DIY dan sekitarnya dengan tema “Bioteknologi dan Bioinformatika serta Aplikasinya dalam Pembelajaran Biologi SMA”. Selama seminggu workshop berlangsung diisi dengan rangkaian kegiatan yang terdiri atas webinar sebanyak 2 kali yaitu pada tanggal 12 dan 19 Oktober 2020 dan selama seminggu yaitu dari tgl 13-20 Oktober 2020 dilakukan kegiatan pendampingan dan penugasan pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Bahan Ajar untuk topik Bioteknologi. Workshop ini diikuti oleh 61 peserta, yaitu guru-guru Biologi di wilayah DIY dan sekitarnya. Namun demikian terdapat beberapa peserta non guru yang turut bergabung di acara webinar untuk menyimak materi.

Webinar ke-1 pada tanggal 12 Oktober 2020 dimulai jam 09.00 WIB dilaksanakan menggunakan platform zoom dengan 3 topik bahasan dari 3 narasumber yaitu : Rekayasa Genetik Tanaman dengan narasumber Dewi Retnaningati, S.Pd., M.Sc., Kultur in Vitro Tanaman oleh Dr. Dra. E. Mursyanti, M.Si., dan Aplikasi serta Regulasi prosuk GMO di bidang lingkungan oleh L. Indah Muwarni, S.Si., M.Si. Adapun webinar ke-2 pada tanggal 19 Oktober 2020 dimulai jam 09.00 WIB juga dilaksanakan menggunakan platform zoom dengan 3 topik bahasan dari 2 narasumber yaitu : Isolasi DNA Tanaman dengan narasumber Dewi Retnaningati, S.Pd., M.Sc., Metode Polymerase chain reaction (PCR) oleh Ir. Pramana Yuda, M.Si., Ph.D., dan oleh narasumber yang sama, Yaitu Pak Pramana Yuda disampaikan topik berikutnya terkait Bioinformatika. Di akhir sesi materi selalu diadakan diskusi dan tanya jawab terkait topik yang disampaikan dalam webinar tersebut. Webinar juga disiarkan live streaming via youtube teknobiouajy untuk mengakomodasi semua pihak yang ingin bergabung untuk menyimak materi webinar.

Pendampingan peserta workshop dalam pembuatan RPP dan bahan ajar topik Bioteknologi dilaksanakan menggunakan sarana komunikasi dalam grup WhatsApp yang dibuat khusus untuk pendampingan selama workshop berlangsung. Selain itu peserta workshop juga bergabung dalam kelas online yang dibuat di dalam LMS (Situs Kuliah) milik Universitas Atma Jaya Yogykarta. Di kelas tersebut peserta dapat mengakses informasi atau pengumuman terkait workshop dan mendownload materi webinar serta dapat mengupload tugas yang telah dikerjakan yaitu berupa RPP dan bahan ajar.

Materi webinar ke-1 dapat ditonton ulang di link berikut.

Materi webinar ke-1 dapat ditonton ulang di link berikut.