Teknologi Pangan UAJY Adakan Kuliah Umum dengan BRIN: Mengenal Teman di Laut – Senyawa Bioaktif, Bioavalibilitas, Efek Kesehatan dan Keamanan Rumput Laut

Program Studi Teknologi Pangan Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) mengadakan kuliah umum dengan BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) pada tanggal 20 April 2024. Kegiatan ini dilaksanakan di Kampus 2 Universitas Atma Jaya Yogyakarta oleh Fakultas Teknobiologi UAJY, khususnya konsentrasi pangan, dimana kuliah umum ini membahas lebih dalam terkait bahan makanan yang masih jarang dikaji dan dikenal lebih jauh dalam masyarakat, yaitu rumput laut. Kuliah umum kali ini spesial dilakukan secara offline dengan mendatangkan pembicara dari BRIN cabang Cibinong, Bapak Sihono, S.T.P., M.Si., yang juga sedang meneliti lebih dalam terkait rumput laut.

Kuliah umum ini mengajak mahasiswa untuk berkenalan lebih jauh dengan rumput laut, khususnya terkait senyawa bioaktif yang terdapat dalam rumput laut, mulai dari jenis-jenisnya, bioavailabilitas, toksisitas, dan masih banyak lagi. Acara ini berlangsung dengan diberikannya materi dan diikuti dengan sesi tanya jawab dengan pembicara. Tak lupa juga, mahasiswa juga dapat melihat sampel rumput laut yang dibawakan secara langsung, sehingga pembelajaran yang diberikan bisa lebih aplikatif.

Rumput laut adalah komoditas laut yang memiliki potensi yang sangat tinggi sebagai makanan nutrasetika karena memiliki beragam senyawa bioaktif seperti polisakarida, asam lemak tidak jenuh, alkaloid, terpenoid, hidrolisa protein, phlorotanin, dan pigmen. Senyawa bioaktif pada rumput laut juga memiliki fungsi sebagai antiinflamasi, antibakteri, antivirus, antikanker, immunodulatory, dan lain-lain. Rumput laut memiliki masa depan yang cerah dan potensial dalam pemanfaatannya karena kandungannya yang kaya akan komponen bioaktif. Namun, pemanfaatannya di Indonesia masih kurang, padahal Indonesia memiliki daerah lautan yang jauh lebih luas dibandingkan daratannya.

Peserta kuliah umum ini diikuti oleh mahasiswa Fakultas Teknobiologi angkatan 2020 hingga angkatan 2023. Kuliah umum ini juga sudah meliputi beberapa topik dari mata kuliah terkait seperti Keamanan dan Toksikologi Pangan, Nutrasetika, dan Gizi Seluler. Partisipasi dari mahasiswa cukup aktif sehingga proses kuliah umum dapat berjalan dengan lancar.

Kuliah umum yang dibawakan oleh ahlinya diharapkan dapat menjadi wawasan baru yang berguna bagi Fakultas Teknobiologi. Wawasan baru yang didapatkan juga diharapkan dapat diterapkan guna meningkatkan pendidikan dan penelitian lainnya di bidang yang diminati. Tentunya semoga perwujudan kerja sama BRIN dan Fakultas Teknobiologi dapat berlanjut terus dalam berbagai kesempatan. Sampai jumpa di kuliah umum berikutnya!

 

Penulis: Mary Chrisdianti
Editor: Teresa Ramadhinara Subando

× Tanya Kami