Fakultas Teknobiologi UAJY Gelar Ajang Kompetitif Lomba E-Sport Mobile Legends dalam BIOFAIR 2024

BIOFAIR merupakan sebuah rangkaian acara tahunan yang diadakan oleh mahasiswa Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Tahun ini, BIOFAIR 2024 diadakan dalam rangka memperingati Hari Bumi yang bertepatan pada tanggal 22 April 2024 dengan mengusung tema “O2: One Life, One Chance for All“. Salah satu rangkaian acara yang diadakan yaitu Lomba E-Sport Mobile Legends BIOFAIR 2024. Acara tersebut diadakan sebagai wadah bagi siswa SMA dan mahasiswa untuk mengembangkan minat dan bakatnya di bidang E-Sport yang kian menjamur belakangan ini.

Lomba E-Sport Mobile Legends BIOFAIR 2024 dilaksanakan dalam 3 tahap, yaitu fase KnockOut, Semifinal, dan Final. Fase Knock-Out dilaksanakan pada tanggal 15 – 17 Maret 2024 dan diikuti sebanyak 32 tim dari Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah secara online. Tahapan ini meloloskan 4 tim ke babak Semifinal pada tanggal 24 Maret 2024 secara offline di Ruang Student’s Lounge, Universitas Atma Jaya Kampus II Thomas Aquinas. Babak semifinal dilakukan dengan sistem Best-of-three dan global ban menggunakan room turnamen. Dua tim yang kalah akan melakukan pertandingan memperebutkan juara ketiga dengan sistem yang sama. Pertandingan tersebut diikuti oleh tim Eternal Envy vs Caecilia dengan kemenangan 2-1 oleh tim Eternal Envy. Dua tim lain yang berhasil memenangkan babak semifinal lanjut ke babak final pada hari yang sama dengan format pertandingan Best-of-five, dan global ban yang juga menggunakan room turnamen. Babak final diikuti oleh tim Iwak Wader vs Cilacap Berbahaya dengan kemenangan 3-0 diraih oleh tim Iwak Wader.

Serangkaian babak ini diikuti oleh para peserta dengan sportif dan kompetitif, serta memunculkan tim Eternal Envy sebagai 2nd runner-up, tim Cilacap Berbahaya sebagai 1st runner-up, dan tim Iwak Wader sebagai Juara dari Lomba E-Sport Mobile Legends BIOFAIR 2024. Prizepool yang didapatkan oleh 2nd dan 1st runner-up yaitu sebesar Rp 500.000 dan Rp 750.000. Sedangkan tim Juara mendapatkan hadiah sebesar Rp 1.000.000, dengan penghargaan bagi pemain MVP Final dari tim Iwak Wader sebesar Rp 250.000. Selain mengembangkan minat dan bakat para peserta dalam bidang kompetisi, acara ini juga mengajak para peserta untuk menjaga bumi dan menerapkan ensiklik Laudato si’ yang menjadi salah satu latar belakang pemilihan tema BIOFAIR 2024. Sehingga diharapkan melalui rangkaian acara BIOFAIR 2024 kita diingatkan untuk menjaga kelestarian dan keberlangsungan bumi kita yang berharga.

 

Penulis: Jevon Fausto Gunawan

Editor: Teresa Ramadhinara Subando

× Tanya Kami