SUSUR GUA SONGGILAP, PINDUL, DAN RAFTING


Mahasiswa Fakultas Teknobiologi UAJY melalui Kelompok Studi Biologi (KSB), memfokuskan diri pada kegiatan yang menyangkut bidang konservasi lingkungan hidup, baik yang berkaitan dengan flora maupun fauna serta alam sekitarnya. KSB merupakan wadah bagi mahasiswa FTb UAJY yang mempunyai pandangan dan kepekaan terhadap pentingnya konservasi lingkungan hidup. Dalam melaksanakan hal ini, maka KSB mencoba menggali serta mengembangkan potensi sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Salah satu bentuk kegiatan yang telah dilaksanakan pada tanggal 17-18 Maret 2012 yaitu kegiatan Susur Gua.

Kegiatan Susur Gua bermaksud untuk memperkenalkan berbagai biota gua kepada anggota Kelompok Studi Biologi. Pengamatan dan konservasi flora dan fauna gua akan lebih terfokus pada sifat eksploratif dan evaluatif dalam menuju kegiatan studi ilmiah. Materi dan informasi yang akan diberikan adalah mengenai pengertian. Kegiatan Susur Gua yang dilakukan di Gua Songgilap dan Gua Pindul.

Kegiatan Susur Gua dilakukan di dua tempat yaitu di Gua Songgilap dan Gua Pindul. Gua Songgilap dilaksanakan berbagai macam acara antara lain penerapan metode pitfall trap dan sharing bersama anggota tetap KSB UAJY. Dari penerapan hasil pitfall trap diperoleh hewan antara lain jangkrik, kelabang, udang, kepiting. Umumnya warna hewan itu unik seperti udang dan jangkrik yang berwarna putih. Untuk pengolahan metode pitfall trap masih dalam tahap pengolahan.

Di Gua Songgilap terdapat usaha konservasi pelestarian monyet ekor panjang yang dilakukan oleh GAFATAR suatu LSM yang peduli konservasi keberadaan monyet ekor panjang. Usaha dalam pelestarian monyet ekor panjang dilakukan oleh GAFATAR dengan monitoring dan pemberian pakan buah buahan. Hal ini tentu saja kabar gembira bahwa masih ada usaha pelestarian monyet ekor panjang di daerah Ponjong Gunung Kidul tepatnya di Gua Songgilap.

Setelah melakukan berbagai aktivitas di Gua Songgilap peserta susur gua beranjak ketempat kedua. Acara kedua di daerah Bejiharjo Gunung Kidul, dimana anggota KSB UAJY melakukan cave tubing di Gua Pindul dan rafting di sungai Oyo. Pada acara cave tubing anggota tetap KSB dapat melihat berbagai macam ornamen yang ada di Gua Pindul. Mengagumkan!

Acara lain yaitu rafting menyusuri Sungai Oyo. Di sana peserta KSB asyik menikmati aliran sungai yang tidak cukup deras dan air terjun di sepanjang Sungai Oyo. Loncat dari air terjun dan merasakan sensasinya. Akhir kata, SALAM LESTARI tunggu acara berikut Ekspedisi Gunung, Susur Pantai, dan Ekspedisi Bahari!