Kunjungan Prodi Teknologi Pangan ke PT. Charoen Pokphan Indonesia

Kunjungan Industri PT. Charoen Pokphand Indonesia

 

Pada tanggal 3 April 2024 yang lalu, mahasiswa Konsentrasi Teknobio Pangan, Prodi Biologi, Fakultas Teknobiologi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta melakukan kunjungan industri pangan ke PT. Charoen Pokphand Indonesia yang berlokasi di Mojokerto, Jawa Timur. Kunjungan ini dilakukan oleh 19 mahasiswa Semester 6 dan 8, serta didampingi oleh Dosen Program Studi Teknologi Pangan, Ibu Dr. rer. nat. Yuliana Reni Swasti, S.T.P., M.P.

Kunjungan industri ini dilakukan sebagai salah satu upaya mengenalkan industri pangan secara langsung kepada mahasiswa terutama peminatan Konsentrasi Teknobio Pangan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa mengenai industri pangan terutama mampu mengamati proses pembuatan produk pangan pada skala industri. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan memahami titik kritis yang ada pada industri pangan, serta hal-hal yang perlu diperhatikan agar kualitas produk sesuai standar yang sudah ditentukan oleh industri hingga produk berada di tangan konsumen.

Selama kegiatan berlangsung, mahasiswa diharapkan dapat mengikuti instruksi pemandu sesuai guidelines yang ada pada kawasan industri. Mahasiswa diajak  melihat secara langsung dan diberikan penjelasan mengenai alur proses produksi mulai dari pemotongan ayam hingga penyimpanan ayam sebagai produk jadi siap jual ataupun sebagai bahan baku untuk proses pembuatan sosis dan nugget. Selain itu, mahasiswa juga mengamati proses produksi pembuatan sosis dan nugget yang meliputi pembersihan daging ayam, penambahan bumbu, pencetakan, penggorengan, dan pengemasan.

Beberapa jenis produk hasil produksi PT. Charoen Pokphand Indonesia dapat diklasifikasikan dalam 6 grade, yaitu Golden Fiesta, Fiesta, Champ, Asimo, Akumo, dan Okey. Klasifikasi ini berdasarkan pada komposisi daging yang digunakan dan adanya modifikasi bumbu. Pendistribusian produk PT. Charoen Pokphand Indonesia hampir meliputi seluruh Indonesia dan mencakup beberapa negara di Asia Tenggara.

Kunjungan diakhiri dengan adanya sesi tanya jawab, kemudian pemberian snack dan makan siang oleh PT. Charoen Pokphand Indonesia kepada para peserta. Fakultas Teknobiologi berharap dapat mewujudkan kerja sama lebih lanjut dengan PT. Charoen Pokphand Indonesia, sehingga mahasiswa dapat lebih memahami proses industri pangan dan mendapatkan pengalaman mendalam mengenai dunia industri pangan.

 

Penulis: Valenia Dwijayanti
Editor: Yermia Prameswari