Penandatanganan MoU antara Fakultas Teknobiologi UAJY dengan Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) DIY


FTb.news.com – Sleman, Sabtu, 25 Maret 2017. Fakultas Teknobiologi UAJY dengan PAI Cabang DIY melakukan penandatanganan kerjasama (MoU) di ruang audiovisual, Kampus 2, Gedung Thomas Aquinas, Jalan Babarsari 44. Pihak Fakultas Teknobiologi diwakili oleh Drs. B. Boy Rahardjo Sidharta, M.Sc selaku Dekan, sedang pihak PAI DIY diwakili oleh Dr. Endang Semiarti, MS, M.Sc selaku Ketua PAI Cabang DIY.

Kerjasama antara kedua belah pihak difokuskan pada kegiatan ilmiah yang terkait dengan anggrek, khususnya bidang konservasi, budidaya, dan penelitian tentang anggrek. Dalam sambutan yang disampaikan Wakil Rektor I, mewakili Rektor UAJY, Bapak The Jin Ai, ST, M.Eng, Ph.D. menekankan pentingnya sumberdaya hayati di Indonesia, khususnya bunga anggrek. Kekayaan sumberdaya hayati yang dimiliki tanpa didasari pemahaman dan penguasaan ilmu yang baik justru akan menjadikan beban bagi kemajuan bangsa dan negara Indonesia, termasuk pula bagi propinsi DIY. Maka, pimpinan UAJY sangat mendukung kerjasama antara Fakultas Teknobiologi dengan PAI DIY dan diharapkan kerjasama ini dapat memberikan sumbangan nyata bagi kemajuan dan kemaslahatan banyak pihak, utamanya warga DIY melalui tanaman anggrek.

Dr. Endang Semiarti dalam sambutannya juga menggarisbawahi pentingnya kerjasama dengan pihak-pihak kampus/akademisi, sehingga diharapkan semakin banyak anggota PAI DIY yang berasal dari kalangan akademisi, peneliti, dosen, maupun mahasiswa. PAI DIY sendiri saat ini telah memiliki banyak anggota dengan berbagai latar belakang antara lain pengusaha, ibu rumah tangga, dosen, mahasiswa, peneliti anggrek, pecinta dan pengamat anggrek, dan bahkan dari kalangan pemerintah.

Hadir pula dalam acara penandatanganan tersebut Bapak Edy dari Dinas Pertanian Kabupaten Sleman, Ibu Endah dari Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, sejumlah pejabat struktural Fakultas Teknobiologi UAJY, dan berbagai tamu undangan lainnya. Setelah penandatanganan, acara dilanjutkan dengan pertemuan rutin anggota PAI DIY hingga pukul 12.00.*

Foto-foto saat penandatanganan MoU:

  1. Kedua belah pihak menandatangani MoU (kiri atas)
  2. Penyerahan souvenir berupa anggrek dari pihak PAI DIY ke Wakil Rektor I (kanan atas)
  3. Penyerahan souvenir berupa anggrek dari pihak PAI DIY ke Dekan Fakultas Teknobiologi UAJY (kiri bawah)