Kuliah Umum: Bagaimana Pekerjaan Ahli Biologi di RnD Industri Kesehatan


By: Juita Ginting

Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta kembali mengadakan Kuliah Umum yang dilaksanakan pada hari Jumat, 4 Desember 2010 dari pukul 10.00 sampai dengan selesai melalui ZOOM.  Pembicara pada kuliah umum kali ini yaitu  Ibu Dr. apt. Sendy Junedi, M.Sc. selaku Research, Basic Research and Development Division Rohto Pharmaceutical Japan. Pada kesempatan kali ini tema yang disampaikan sangat menarik yaitu terkait dengan “Bagaimana Pekerjaan Ahli Biologi di RnD Industri Kesehatan”. Acara ini diikuti dengan sangat antusias oleh peserta yang tergambar saat  aktifnya peserta  saat sesi diskusi, peserta yang mengikuti kuliah umum ini terdiri dari  seluruh mahasiswa Semester 1 (Angkatan TA. 2020/2021), mahasiswa konsentrasi studi Teknobio-Industri dan mahasiswa yang berminat untuk mengikuti acara ini. 

Pentingnya soft skill dan hard skill jika ingin bekerja di RnD, tetapi tantangan terbesarnya yaitu soft skill. Soft skill adalah istilah sosiologis yang berkaitan dengan kecerdasan emosional, sifat kepribadian, keterampilan sosial, komunikasi, berbahasa, kebiasaan pribadi dan keramahan, sehingga soft skill dapat disimpulkan  kemampuan seseorang dalam berinteraksi secara efektif dengan sesamanya baik diluar  dan di dalam tempat bekerja. Contoh soft skill seperti public speaking, kepemimpinan, berpikir kreatif, problem solver, kemampuan beradaptasi, kemampuan bekerja dalam tim, manajemen waktu dan perhatian terhadap detail. Hard skill adalah penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan keterampilan teknis yang berhubungan dengan bidang ilmu  yang dipelajari. Contoh dari hard skill seperti programming, kemampuan berbahasa, accounting, software knowledge dan data science.

Salah satu output yang didapatkan dari kuliah umum kali ini menurut kacamata mahasiswi bernama Deya Eufresia (Angkatan 2018) adalah “Pengalaman yang dibagikan RnD itu seperti apa sudah terlihat jelas dan tahu, serta adanya tips untuk mendapatkan pekerjaan diperusahaan”. Secara tidak langsung hal ini sesuai dengan harapan dari diadakannya kuliah tamu kali ini, yaitu untuk memberikan materi yang kiranya tidak akan diperoleh saat perkuliahan, tetapi akan digunakan saat bekerja nantinya.