INISIASI MAHASISWA BARU 2013


Inisiasi adalah kegiatan wajib bagi mahasiswa baru di Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Inisiasi bukanlah “perploncoan” tetapi upaya untuk mengenal Fakultas lebih dekat lagi

 

Di hari inisiasi yaitu pada tanggal 23 September 2013, pagi- pagi sekali para peserta inisiasi telah berkumpul di kampus, tepatnya pukul 06.00, dengan mengenakan kemeja putih dan celana bahan hitam, serta dengan beberapa atribut pelengkap akan menemani mereka seharian ini. Sehari sebelumnya yakni tanggal 22 september, para mahasiswa baru 2013,  melakukan trip ke kebun binatang Gembira Loka dan Malioboro. Trip dimulai pukul 07.30 untuk berkumpul di kampus Thomas Aquinas, yang sebelumnya telah dibagi menjadi beberapa kelompok, setelah selesai briefing , para peserta menuju kebun binatang menggunakan bis yang telah disediakan panitia.  Sesampainya di kebun binatang, peserta diberi tugas untuk mencari spesies tertentu dan mengambil foto spesies tersebut, tiap kelompok pun saling berlomba untuk mencari spesies yang dimaksud. Setelah tiap kelompok menyelesaikan tugas mereka, mereka pun melepas rasa lelah dengan menyantap makan siang di kebun binatang.

 Sekitar pukul 11.45, mereka pun melanjutkan perjalanan menuju malioboro untuk melakukan tugas berikutnya, sesampainya di malioboro, panitia telah memberi tugas kepada para peserta yakni untuk menemukan Pos- pos yang telah diberi petunjuk oleh panitia, lalu para peserta juga diajak untuk mencari jajanan khas Yogyakarta dengan uang yang terbatas. Mereka pun memulai tugas  di hiruk pikuk malioboro untuk mencari tujuan mereka. Jam pun telah menunjukkan pukul 16.30, para peserta telah menyelesaikan tugas mereka, saat nya pulang menuju kampus Thomas Aquinas.

                Keesokan harinya, para peserta inisiasi melanjutkan rangkaian acara inisiasi, pukul 06.30 mereka berkumpul di ruang auditorium kampus 4. Dengan seragam kemeja putih dan celana bahan hitam mereka pun memasuki ruang audit untuk mengikuti serangkaian acara. Acara pun diawali dengan sambutan Dekan Fakultas Teknobiologi UAJY, dilanjutkan perkenalan para Dekanat dan perkenalan konsentrasi studi yakni Teknobio Pangan, Teknobio Lingkungan dan Teknobio Industri. Acara pun dilanjutkan dengan bimbingan pengisian KRS yang dipimpin oleh Ibu Indah Murwani selaku Wakil Dekan 1. Ice breaking dengan permainan- permainan kecil pun mengisi inisiasi hari itu, untuk menciptakan suasana menyenangkan saat inisiasi. Acara selanjutnya yakni sharing yang dilakukan oleh para alumni yang masing- masing mewakili konsentrasi studi yang ada. Setelah sharing, para peserta  diajak untuk merenggangkan otot dengan berkeliling kampus, untuk pengenalan lokasi- lokasi yang berada di kampus UAJY. Dimulai dari ruang Tata usaha, ruang kelas, Book shop, Pusat kegiatan Mahasiswa, Kantin, Ruang rektorat, Audiovisual, dan Ruang-ruang kantor UAJY seperti KKP, KAA, KACM, KSI, LPPM, dan perpustakaan, dan tak kalah ketinggalan mengunjungi kebun biologi.

 

Touring pun berakhir sekitar pukul 16.00, dan dilanjutkan dengan sharing untuk kegiatan yang dilakukan. Para peserta dipersilahkan memberi saran, kesan dan pesan selama mengikut Inisiasi. Kemudian para peserta diberi waktu untuk istirahat, karena acara akan dilanjutkan di malam inagurasi. Malam inagurasi akan menampilkan penampilan tiap kelompok inisiasi dan yel- yel tiap kelompok yang telah mereka buat. Tak kalah ketinggalan, adapun penampilan dari angkatan 2012 yang menampilkan drama komedi. Acara pun diakhiri dengan penampilan panitia yang menampilkan drama musikal komedi. Suasana malam itu terasa begitu menyenangkan dengan berbagai penampilan yang menarik, para peserta pun menikmati hidangan  makanan khas Yogyakarta yakni nasi kucing angkringan untuk menemani hiburan pada malam itu. Acara inisiasi pun diakhiri dengan sambutan Bapak Sinung Pranata selaku Wakil Dekan 3, beliau menyampaikan kekagumannya terhadap acara yang berlangsung dengan lancar yang dilaksanakan panitia dan semoga acara seperti ini akan terus mempererat tali persaudaraan fakultas Teknobiologi UAJY.