GENERIC LEARNING DAN INISIASI LAPORAN PRAKTIKUM


Generic Learning merupakan keterampilan yang tidak spesifik untuk bekerja dalam pekerjaan atau industri tertentu, tetapi penting untuk pekerjaan, pendidikan, dan kehidupan secara umum. Keterampilan generic meliputi keterampilan komunikasi, kerja tim, pemecahan masalah, inisiatif dan usaha dalam merencanakan dan mengorganisasi, manajemen diri, keterampilan belajar, dan keterampilan teknologi. Keterampilan ini dapat diterapkan pada situasi yang berbeda, misalnya keahlian riset internet, keterampilan manajemen diri, atau strategi pembelajaran.

Generic Learning bertujuan untuk membantu mahasiswa, khususnya mahasiswa angkatan 2019 Fakultas Teknobiologi UAJY agar dapat memahami metode belajar yang efektif, cara mencari literatur, dan membantu agar dapat beradaptasi dengan metode pengajaran di dunia perkuliahan. Inisiasi Laporan Praktikum merupakan kegiatan pengenalan laporan praktikum. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu mahasiswa baru dalam menulis laporan praktikum.

Generic Learning dan Inisiasi Laporan Praktikum diselenggarakan oleh Departemen Akademik Presidium Mahasiswa Fakultas Teknobiologi UAJY pada tanggal 22 Agustus 2019 di Kampus Thomas Aquinas UAJY. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa angkatan 2019 Fakultas Teknobiologi UAJY dengan narasumber Bapak YMV Agung Nugroho, S.Sos. dari Perpustakaan UAJY serta Asisten Dosen Praktikum Kimia Dasar dan Biofisika.

Narasumber memaparkan mengenai generic learning yang meliputi e-resource, e-library, serta metode pembelajaran mind map dalam perkuliahan. Asisten dosen menjelaskan format laporan praktikum sesuai standar Fakultas Teknobiologi UAJY dan memperkenalkan bagaimana cara mengakses Wiley E-book sebagai literatur wajib dalam pembuatan laporan. Peserta mempraktikkan langsung melalui laptop masing-masing. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu mahasiswa baru untuk beradaptasi dengan dunia perkuliahan dan menyusun laporan praktikum dengan baik.