Capaian Pembelajaran
Standar kompetensi lulusan Biologi dirancang untuk Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang disesuaikan berdasarkan perumusan dari Permenristekdikti 44 Tahun 2015, untuk Standar nasional PT, Standar Nasional Berbasis KKNI tahun 2016 yang telah dimodifikasi dalam naskah akademik 2016 bidang Biologi oleh Konsorsium Biologi Indonesia (KOBI). Capaian pembelajaran tersebut mencakup empat aspek yaitu: (A) Sikap; (B) Ketrampilan Umum; (C) Ketrampilan Khusus dan; (D) Pengetahuan serta ditambahkan masing-masing komponen CPL sebagai penciri khusus lulusan Biologi dengan karakter Universitas Atma Jaya Yogyakarta (Tabel 2).
Cara/mekanisme merumuskan CPL didasarkan pada: 1) rumusan profil lulusan program studi, 2) rumusan penciri profil lulusan UAJY, 3) hasil evaluasi tracer study, 4) masukan dari pengguna lulusan, calon pengguna lulusan, dan alumni, 5) bahan kajian atau body of knowledge (BoK) atau bonggol keilmuan program studi, 6) SN Dikti, dan 7) standar dari lembaga akreditasi nasional (BAN-PT).
Tabel Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi
Sikap | ||
1 | S1 | mampu menerapkan Pancasila dan UUD 1945 dalam hidup sehari-hari |
2 | S2 | mampu mengapresiasi keragaman budaya dan hayati serta pandangan/pendapat |
3 | S3 | mampu mempedulikan keadaan masyarakat dan lingkungan hidup |
4 | S4 | mampu mempertanggungjawab-kan tugas dan pekerjaan (sebagai Akademisi/Peneliti, Analis Mutu, Wirausaha, Konsultan, Manajer/ Birokrat) |
5 | S5 | mampu menerapkan sikap etis, kreatif, inovatif, adaptif, transformatif, kolaboratif, dan murakabi, dengan etos kerja yang unggul, yang mampu berkontribusi pada berlanjutan kehidupan |
Pengetahuan | ||
6 | PP1 | mampu menerapkan konsep dan prinsip Biologi pada bidang kesehatan/kosmetika, lingkungan/keanekaragaman hayati, dan pangan dalam kehidupan sehari-hari |
7 | PP2 | mampu menggunakan metode ilmiah, instrumen, dan perangkat lunak untuk pengujian biologis, fisik, dan kimia untuk analisis dan sintesis di bidang kesehatan/kosmetika, lingkungan/keanekaragaman hayati, dan pangan |
Ketrampilan Khusus | ||
8 | KK1 | mampu menguasai konsep dan prinsip bidang inti/pokok biologi: hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme serta Morfologi, Fisiologi, dan Ekologi |
9 | KK2 | mampu menerapkan biologi yang bermanfaaat bagi masyarakat dan kehidupan sehari-hari |
10 | KK3 | mampu memecahkan masalah sehari-hari secara prosedural melalui pendekatan biologi dan bioteknologi dari aras molekul, seluler, makroskopik/organisme serta ekosistem, khususnya di bidang: pengajaran dan penelitian, penjaminan mutu produk, menciptakan peluang usaha, jasa konsultasi, fungsi pengelolaan/manajerial. |
Ketrampilan Umum | ||
11 | KU1 | mampu menerapkan cara berpikir logis, sistematis, kritis dan inovatif dalam mengembangkan dan menerapkan iptek Biologi |
12 | KU2 | mampu mengelola pembelajaran mandiri secara berkelanjutan |
13 | KU3 | mampu berkomunikasi dan mengembangkan jejaring dengan sejawat serta para pihak terkait; bekerja dalam kelompok |
14 | KU4 | memiliki kemampuan kepemimpinan |
|
|
|