Bina Kerja Sama: Fakultas Teknobiologi UAJY Ikuti Bimtek TN Gunung Merapi

Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FTb) berpartisipasi dalam kegiatan Pendampingan Teknis mengenai Tata Kelola Kerja Sama dan Tindak Lanjut Perubahan Skema Kemitraan Konservasi Pemberian Akses Perumputan di Zona Tradisional Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) sebagai bentuk nyata pembinaan kerja sama mitra. Acara yang dilaksanakan pada tanggal 3 Mei 2024 dan berlokasi di Balai TNGM Jalan Kaliurang KM 22,6 Hargobinangun, Pakem, Sleman, DIY turut dihadiri oleh berbagai pihak yang memiliki kerja sama dengan TNGM, baik itu institusi, organisasi, maupun perorangan.

Dekan FTb UAJY, Ibu Ines Septi Arsiningtyas, Ph.D., bersama dengan Dosen Teknologi Pangan, Ibu Teresa Ramadhinara Subando, S.T.P., M.Sc., dan Kepala Sub Bagian Umum, Bapak Andono Budi Seputro, S.E., berkesempatan mengikuti diskusi tersebut untuk membahas tentang tata kelola kerja sama, penguatan fungsi, dan pembangunan strategis dengan mitra-mitra TNGM. Ketiganya turut aktif dalam berdiskusi untuk memberikan kontribusi dan pandangan terkait konservasi di TNGM. Kegiatan bimbingan teknis ini menjadi ajang menggali pemahaman mengenai tantangan dan peluang dalam mengelola kemitraan konservasi, sehingga diharapkan dapat menemukan solusi yang lebih efektif dan berkelanjutan untuk mendukung pelestarian lingkungan.

Menutup sesi wawancara, Ibu Ines mengatakan bahwa partisipasi FTb UAJY dalam acara ini merupakan bentuk kontribusi dan komitmen untuk mendukung upaya pelestarian lingkungan khususnya upaya konservasi di TNGM. Beliau berharap adanya kerja sama dan kolaborasi antara FTb dan TNGM dalam mengimplementasikan tridharma perguruan tinggi dapat diwujudkan melalui kegiatan pendidikan (kuliah tamu, kerja praktik, dan magang), penelitian, serta pengabdian untuk memperkuat relasi kedua instansi sehingga turut memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar.

 

Penulis: Teresa Ramadhinara Subando
Editor: Pantalea Edelweiss Vitara

× Tanya Kami