RUNNING BIOLOGIST


Yogyakarta, 18 April 2018 – BIOFAIR 2018 kembali melaksanakan salah satu acara dari Lomba Tingkat SMA, yakni Running Biologist yang diikuti oleh 9 peserta dari 5 sekolah. Acara ini dimulai pada jam 8 pagi yang diawali dengan doa serta sambutan dari Evanjilius Panji selaku Ketua BIOFAIR 2018 serta Ibu Ines Septi selaku Wakil Dekan III Fakultas Teknobiologi UAJY. Perlombaan dimulai pada jam 8.30, setiap kelompok mengerjakan soal-soal pada 8 pos berbeda, sesuai dengan urutan pos yang mereka dapatkan. Setelah semua tim menyelesaikan semua soal, diberikan waktu istirahat sembari panitia mengakumulasi skor yang didapat oleh tiap tim.

Tim-tim yang berhasil masuk ke dalam tahap semifinal adalah tim dari SMAN 8 Yogyarakarta, SMA Kolese De Britto (Tim A&B), dan SMA Stella Duce 1 (Tim A&B). Setiap tim selanjutnya kembali berlomba dalam tahap semifinal 1 dengan  mencari dan mengerjakan soal-soal yang telah diletakkan secara acak oleh panitia di sekitar Kebun Biologi Kampus 2 UAJY. Usai tahap semifinal 1 selesai, tahap semifinal 2 langsung dilaksanakan. Tim-tim yang lolos tahap semifinal berkumpul di ruang kelas Kebun Biologi dan diberikan soal oleh panitia yang harus dijawab secara langsung.

Tiga tim pada akhirnya lolos menuju tahap final, yakni SMAN 8 Yogyakarta, SMA Kolose De Britto, dan SMA Stella Duce 1. Pada tahap final, sebelum diizinkan mengerjakan soal utama, peserta harus mengerjakan soal matematika terlebih dahulu. Peraih juara 1 dari Running Biologist adalah SMA Kolese De Britto dengan skor 6 pada babak final, diikuti dengan SMA Stella Duce 1 dengan skor 3. Pemberian hadiah dilakukan oleh Dekan Fakultas Teknobiologi UAJY, Dra. E. Mursyanti. Selamat kepada para pemenang! Sampai jumpa di rangkaian acara BIOFAIR selanjutnya!