PENANAMAN BAKAU BIOFAIR 2018


Baros, 4 Maret 2018 –BIOFAIR—event tahunan Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta—tahun ini mengangkat tema “CAPTURE :Care and Protect the Nature” yang menunjukkan rasa peduli dan keinginan melindungi alam yang sangat berarti bagi kelestarian alam. Tema ini diusung dengan harapan memberikan wawasan tentang pentingnya pelestarian alam dengan melindungi alam dari kerusakan yang mengancam eksistensi alam.

Acara pertama dari rangkaian BIOFAIR 2018 merupakan Penanaman Bakau yang telah dilakukan pada tanggal 4 Maret 2018 di Pantai Baros, dengan tema acara “Penanaman 1000 Bakau”. Setiap tahunnya, acara ini diadakan oleh Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta dalam rangka memperingati hari bumi.  Penanaman bakau sendiri bertujuan untuk mencegah terjadinya pengikisan yang terjadi di Pantai Baros. Acara ini bersifat umum dan terdapat lebih dari 250 peserta yang berpartisipasi dalam penanaman bakau ini.

Acara ini diawali dengan sambutan dari Ketua Presidium Mahasiswa Fakultas Teknobiologi UAJY (Stephanie Rani), Ketua Biofair 2018 (Evanjilius Panji B.), Wakil Dekan III FTB UAJY (Ines Septi), dan perwakilan dari KP2B (Mas Dwi). Acara dilanjutkan dengan penyerahan simbolis berupa bibit bakau oleh Wakil Dekan III Fakultas Teknobiologi UAJY kepada pihak KP2B. Puncak acara penanaman bakau adalah saat semua peserta mulai menanam 1000 bibit bakau di Pantai Baros secara berkelompok. Kegiatan ini tergolong dalam pengabdian masyarakat.

Acara ini menjadi salah satu bentuk kepedulian Fakultas Teknobiologi UAJY dalam pelestarian lingkungan khususnya perlindungan daerah pantai. Diharapkan kegiatan ini dapat bermanfaat bagi peserta dan masyarakat setempat, serta pelestarian lingkungan pada umumnya.