Pelatihan Aplikasi GIS untuk Penelitian dan Konservasi Sumber Daya Hayati


Laboratorium Teknobio-lingkungan kembali mengadakan pelatihan dengan topik teknologi dalam sains yaitu penggunaan software GIS (Global Information System). Perangkat lunak ini membantu dalam manajemen informasi terkait sistem pemetaan dan analisis data spasial. Dengan kata lain, selain dapat digunakan untuk membuat peta digital, GIS juga membantu kita dalam melakukan analisis dan visualisasi data yang diambil dari lapangan. Pelatihan ini diadakan demi menunjang kegiatan penelitian ekologi lapang dan berbagi informasi terkait penerapan GIS dalam kegiatan konservasi sumber daya hayati khususnya di Taman Nasional Gunung Merapi.

Kegiatan pelatihan dibagi menjadi dua pertemuan secara luring terbatas. Pertemuan pertama pada hari Sabtu, 14 Mei 2022 membahas tentang peta, sistem proyeksi dan pengenalan aplikasi GIS. Peserta juga dibimbing untuk praktik langsung membuat layout peta digital dengan GIS. Pertemuan kedua dilanjutkan pada hari Sabtu, 4 Juni 2022 membahas dan mempraktikan langsung metode pengambilan data dan mengolahnya menggunakan GIS.

Peserta kegiatan pelatihan ini sejumlah 10 orang dengan pembicara sekaligus mentor adalah Dr. Ruky Umaya, S. Hut., M. Si dan Dhinar Tri Atmojo, S.Hut., keduanya merupakan praktisi dari Balai Taman Nasional Gunung Merapi. Selain merupakan kegiatan pelatihan rutin Laboratorium Teknobio-lingkungan, kegiatan ini juga merupakan implementasi kerjasama antara Fakultas Teknobiologi UAJY dengan Balai TNGM. Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi kedua instansi, khususnya untuk mahasiswa yang sedang melakukan penelitian ekologi lapang.