BIOFAIR 2018 – Karya Ilmiah Remaja


 

Karya ilmiah remaja sebagai rangkaian BIOFAIR 2018 yang diselenggarakan pada hari Rabu 4 April 2018 diikuti oleh beberapa SMA se-DIY dan Jateng. Perkembangan IPTEK yang sangat pesat di jaman modern ini mendorong Fakultas Teknobiologi untuk melaksanakan lomba Karya Ilmiah Remaja. Event ini diselenggarakan untuk mengembangkan potensi dan kreativitas remaja-remaja terutama dalam bidang Biologi untuk dapat bersaing dalam perkembangan IPTEK secara global.

 

Event ini diawali dengan sambutan dari Wakil Dekan FTB UAJY Ines Septi A., Ph.D., Apt. dan sambutan ketua BIOFAIR 2018 Edoardus Evanjilius Panji B. Dilanjutkan dengan pemaparan  dan pengenalan produk hasil kerja dari masing-masing kelompok. Sebagian besar produk yang dipamerkan merupakan produk dalam bentuk pangan namun ada pula jenis produk non pangan. Beberapa judul yang dibawakan oleh beberapa kelompok adalah sebagai berikut :

 

  1. Rossen Tea (SMAN 2 Semarang).
  2. Pemanfaatan Bakteri Acetobacter xylinum pada Limbah Penggilingan Kelapa untuk Bahan Substitusi Cover Mika Biodegradable (SMA Bopkri 1 Yogyakarta.
  3. Pemanfaatan Limbah Biji Alpukat menjadi Sirup Kesehatan (SMA Stella Duce 1 Yogyakarta).
  4. Fortifikasi Aneka Sayur pada Tempe sebagai Salah Satu Solusi bagi Hidden Hunger (SMA Kolese De Britto).
  5. Kopi De’Lejen (Kedelai-Biji Wijen) Kopi Celup Anti Diabetes Melitus Tipe 2 (SMA Stella Duce 1 Yogyakarta).

 

 

Setelah selesai memaparkan hasil kerja, dewan juri melakukan penilaian terhadap setiap materi presentasi. Sembari menunggu, para peserta diajak  untuk mengunjungi beberapa fasilitas seperti  laboratorium  dan kebun biologi yang dimiliki oleh Fakultas Teknobiologi.  Puncak acara dari Lomba Karya Ilmiah Remaja adalah pengumuman pemenang.

Posisi Juara I dimenangkan oleh SMA Kolese De Britto dengan judul Fortifikasi Aneka Sayur pada Tempe sebagai Salah Satu Solusi bagi Hidden Hunger dan Juara II dimenangkan oleh SMA Stella Duce 1 Yogyakarta dengan judul Kopi De’Lejen (Kedelai-BijiWijen) Kopi Celup Anti Diabetes MelitusTipe 2. Event ini tutup dengan sesi foto bersama dengan seluruh peserta. Besar harapan kami dengan diselanggarakan event ini dapat memacu kreativitas para REMAJA