WEBINAR “MAKANANMU ADALAH OBATMU”


Paguyuban Ketahanan Pangan bekerja sama dengan Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan PSE Kevikepan DIY menyelenggarakan webinar dengan tema besar “Makananmu adalah Obatmu”. Terdapat 3 sesi webinar dengan topik yang berbeda-beda untuk tiap sesinya. Narasumber kegiatan tersebut merupakan dosen-dosen di Fakultas Teknobiologi UAJY bersama dengan Romo dari Kevikepan DIY.

Webinar sesi 1 dilaksanakan pada tanggal 17 Mei 2021 dengan mengangkat topik “Apakah Panganmu Sehat?”. Narasumber pertama yaitu Romo Andrianus Maradiyo Pr  mengulas materi tentang bagaimana konsumsi pangan yang baik dan sehat untuk menjaga kesehatan tubuh yang merupakan Bait Allah, Ines Septi Arsiningtyas, S.Farm., M.Sc., Ph.D. sebagai narasumber kedua menyampaikan materi tentang “Apakah Panganmu Sehat?”, dan yang terakhir Brigitta Laksmi Paramita, S.Pi., M.Sc. menyampaikan materi tentang “Olahan Pangan Penunjang Sistem Imun”. Kegiatan ini diikuti oleh  peserta dari berbagai kalangan. Setiap narasumber menyampaikan materinya masing-masing selama 20 menit. Sesi tanya jawab dipandu oleh moderator. Para peserta dapat mengajukan pertanyaan melalui kolom chat atau bertanya secara langsung kepada narasumber.

Webinar sesi 2 dilaksanakan pada tanggal 5 Juni dengan topik “Perawatan Tubuh dengan Bahan Nusantara”. Pada webinar tersebut juga ada 3 narasumber yang menyampaikan materinya. Sebagai pembicara utama adalah Romo AR Yudono Suwondo yang merupakan Vikep Kevikepan Yogyakarta Barat. Beliau mengulas materi tentang pentingnya menjaga kesehatan tubuh yang merupakan bait Allah dengan bahan yang disediakan oleh alam, serta pentingnya merawat alam yang merupakan pemberian Tuhan bagi manusia. Pembicara kedua adalah Dr. apt. Sendy Junedi, S. Farm., M. Sc. yang membawakan materi “Neutraceutical untuk Perawatan Kulit”. Pembicara terakhir adalah apt. Stefani Santi Widhiastuti, S.Farm., M.Biotech yang menyampaikan materi “Ragam Perawatan Tubuh dengan Bahan Nusantara”.

Webinar sesi 3 yang merupakan webinar terakhir diselenggarakan pada tanggal 19 Juni 2021 dengan topik “Budidaya Tanaman ++”. Keynote speaker pada sesi ini adalah Romo Patricius Hartono Pr yang merupakan Vikaris Paroki St. Ignatius Magelang. Penyampaian materi dilanjutkan oleh narasumber dari Fakultas Teknobiologi UAJY yaitu Dr Exsyupransia Mursyanti, M.Si yang menyampaikan materi “Budidaya Tanaman Melalui Kultur Jaringan (Secara In-Vitro)” dan Dra. L. Indah Murwani Yulianti, M.Si yang menyampaikan materi “Microgreen: Budidaya, Nilai Gizi dan Pemanfaatan”. Seluruh rangkaian kegiatan webinar berjalan dengan lancar. Peserta dapat mengikuti webinar melalui platform zoom maupun youtube yang disediakan oleh panitia. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang manfaat bahan-bahan alam yang ada di sekitar kita, tidak hanya sebagai bahan makanan namun juga untuk kesehatan, serta pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup.