Technobiofun Goes to School : Edisi Teknologi Pangan

Pengolahan Snack Bar dan Krakers di SMA Sedes Sapientiae Bedono, Semarang


Teknobiologi melakukan demonstrasi pembuatan produk pangan dengan inovasi berupa pemanfaatan pangan lokal bagi siswa/I SMA Sedes Sapientiae Bedono, Kabupaten Semarang. Kegiatan dilaksanakan pada Rabu, 18 Januari 2023 dengan jumlah peserta sebanyak 60 siswa/i. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada siswa/I SMA Sedes Sapientiae Bedono mengenai pembuatan produk pangan inovatif dan pemanfaatan produk pangan lokal.

Produk pangan yang diperkenalkan pada kegiatan ini adalah Snack Bar Substitusi Tepung Tempe Kacang Koro Benguk dan Krakers Substitusi Tepung Tempe Kacang Tunggak. Siswa/I dibagi menjadi 4 kelas yang berbeda dan kegiatan diawali dengan pengenalan Fakultas Teknobiologi dari narasumber Bapak Drs. F. Sinung Pranata F., MP. dan Ibu Dr.rer.nat. Yuliana Reni Swasti, S.TP., MP.  Kegiatan selanjutnya adalah pengenalan produk pangan bersama mahasiswa Fakultas Teknobiologi, yaitu snack bar oleh Devi Alvina dan krakers oleh Febpi Lina Santosa.

Siswa/i dibekali dengan pengetahuan mengenai pemanfaatan dan inovasi pangan lokal, serta cara pengolahannya. Para siswa/i juga dibagikan sampel produk pangan berupa snack bar dan krakers, serta dengan antusias mengikuti kegiatan. Kegiatan berlangsung dengan baik dan lancar hingga penutupan.

Pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat memperluas wawasan siswa/I SMA Sedes Sapientiae Bedono mengenai pangan lokal berpotensi tinggi, cara pengolahan produk pangan dan manfaat inovasi produk pangan.

× Tanya Kami