Pengolahan Krakers di SMA Tarakanita Magelang dan SMA Kristen 1 Magelang

Dalam rangka rangkaian acara Technobiofun Goes to School, Fakultas Teknobiologi mengunjungi SMA Tarakanita Magelang dan SMA Kristen 1 Magelang pada hari Senin, 30 Januari 2023. Tujuan dari kegiatan ini adalah membekali siswa-siswa SMA Tarakanita Magelang dan SMA Kristen 1 Magelang terkait ketrampilan membuat produk pangan yang inovatif dengan bahan khas nusantara. Pada pelatihan ini dilakukan demo pengolahan krakers dengan substitusi tepung tempe kacang tunggak.

Kegiatan diawali dengan kunjungan ke SMA Tarakanita Magelang. Pelatihan dihadiri oleh seluruh siswa kelas 12 yang berjumlah 62 siswa dan wali kelas dari masing-masing kelas. Kegiatan pelatihan dibuka oleh Pak Adit selaku guru BK kemudian dilanjutkan perkenalan dan penjelasan seputar Fakultas Teknobiologi oleh ibu Brigitta Laksmi Paramita, S.Pi., M.Sc. Kegiatan dilanjutkan dengan demo pengolahan krakers berbahan dasar tepung tempe kacang tunggak yang dipimpin oleh Lina, mahasiswa Fakultas Teknobiologi minat Teknobio-Pangan. Kegiatan diakhiri dengan sesi diskusi dan sharing kehidupan perkuliahan di Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Kegiatan Technobiofun Goes to School kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke SMA Kristen 1 Magelang. Peserta terdiri dari seluruh siswa kelas 12 berjumlah 8 orang. Kegiatan diawali dengan perkenalan dan penjelasan seputar Fakultas Teknobiologi oleh bapak Benediktus Yudo Leksono, S.T.P., M.Sc. dan dilanjutkan dengan penjelasan mengenai inovasi produk krakers berbahan tepung tempe kacang tunggak.

Seluruh peserta dari kedua sekolah sangat antusias mengikuti pelatihan. Beberapa siswa ikut berpartisipasi menjadi relawan untuk praktek membuat produk inovasi pangan. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan siswa-siswa SMA memiliki kecakapan dalam membuat produk pangan yang inovatif dengan bahan khas nusantara.

Leave a Comment