Seminar Nasional


Dalam rangka Dies Natalis Ke-56 Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Fakultas Teknobiologi UAJY mengadakan Seminar Nasional Call For Paper yang mengangkat tema “Pemenuhan Kebutuhan Pangan melalui Eksplorasi Sumber Daya Lokal dan Inovasi Teknologi dalam Rangka Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat”. Seminar Nasional diadakan pada tanggal 18 September 2021 dari pukul 8.00 – 16.00 WIB melalui platform Zoom Meeting.

Kegiatan ini bertujuan menyediakan forum diskusi antara perguruan tinggi, peneliti, praktisi, kalangan industri, dan pemerintah mengenai isu – isu dan informasi terkini terkait eksplorasi sumber daya lokal dan inovasi teknologinya dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan.

Kegiatan Seminar Nasional dibagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi utama oleh 4 keynote speakers dan dilanjutkan dengan sesi paralel oleh 46 presenter yang terdiri atas mahasiswa, akademisi, peneliti, praktisi dari berbagai instansi di Indonesia. Acara dipandu oleh Master of Ceremony, Bapak Imanuel Dwi Asmoro, S.I.Kom, M.I.Kom. Sebelum masuk ke sesi utama acara diawali dengan sambutan dari ketua panitia Ibu Leonie Margaretha Widya Pangestika, S.TP., M.Si dan Ibu  Sushardjanti Felasari, ST., M.Sc.CAED., PhD selaku Wakil Rektor I Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Sesi utama oleh keynote speakers dipandu oleh Ibu Dra. L. Indah Murwani Yulianti, M.Si. Ibu  Dr.rer.nat. Yuliana Reni S, S.TP., M.P (Dosen Fakultas Teknobiologi, UAJY) menyampaikan materi mengenai “Karakteristik Senyawa Antioksidan dan Mutagenik Pada Kopi”. Bapak Dr. -Ing. Azis Boing Sitanggang, S.TP., M.Sc (Dosen Ilmu dan Teknologi Pangan, IPB University) menyampaikan materi dengan judul “Tempe-based Bioactive Production : Combination Between Combination and In Vitro Proteolysis Using Enzymatic Membrane Reactor”. Bapak Bayu Dwi Apri Nugroho, S.TP., M.Agr., Ph.D (Dosen Teknik Pertanian dan Biosistem FTP UGM) menyampaikan materi dengan topik “Integrasi Agri-tech dan Agri-bisnis sebagai Inovasi dalam Ketersediaan dan Keamanan Komoditas Pangan” dan Dessy Arfianni (Sub Regional Leader Indonesia Nourish Business at IFF) menyampaikan materi berjudul “How F&B Companies Handle Challenges During Covid”.

Sebanyak sekitar 150 partisipan bergabung dalam Seminar Nasional. Partisipan juga berpartisipasi aktif dalam sesi diskusi, sehingga seminar berjalan dengan lancar. Pada akhir kegiatan, diumumkan pemenang artikel terbaik dari 3 bidang pembahasan, presenter terbaik dari masing-masing ruang paralel, dan kontes foto Instagram untuk memeriahkan kegiatan Seminar Nasional.