Fakultas Teknobiologi mengadakan pelatihan pembuatan es krim berbasis pewarna alami bagi para peserta didik SMA Dominikus, Wonosari. Pelatihan dilaksanakan pada Jumat, 21 Oktober 2022 pada pukul 09.15 – 12.30 WIB di aula SMA Dominikus, Wonosari. Tujuan pelaksanaan pelatihan ini adalah membekali para peserta didik SMA Dominikus dengan ketrampilan membuat produk es krim sehingga dapat menjadi bekal dalam berwirausaha.

Acara diawali dengan doa bersama, sambutan Kepala Sekolah SMA Dominikus Ibu Dra. Veronika Ari Wijayanti, M.PD, sambutan dari Ketua Konsentrasi Studi Teknobio-Pangan FTB UAJY Bapak Drs. F. Sinung Pranata, MP, penandatanganan kerjasama antara FTB UAJY dengan SMA Dominikus, Wonosari, dan pre-test. Kegiatan selanjutnya adalah penjelasan materi dari narasumber yaitu Bapak Drs. F. Sinung Pranata, MP dengan materi diversifikasi pangan, Ibu Leonie Margaretha Widya P, S.TP., M.Si dengan materi pengenalan produk es krim bayam merah, Ibu LM Ekawati Purwijantiningsih, S.Si., M.Si dengan materi kualitas es krim, dan Ibu Brigitta Laksmi Paramita, S.Pi., M.Sc dengan materi proses pembuatan es krim bayam merah yang dilanjutkan dengan demo pembuatan es krim bayam merah.

Selama demo pembuatan es krim bayam merah, peserta diberi penjelasan mengenai hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan es krim bayam merah serta dipandu langkah-langkah kerjanya oleh narasumber yang dibantu oleh dua mahasiswa, Caecilia Dayu dan Sharonrose Graciabella, dan satu laboran, Andreas Wisnu. Sambil menunggu produk es krim membeku, para peserta mengerjakan post-test dan diberi kesempatan untuk bertanya lebih lanjut mengenal es krim bayam merah dan cara pembuatannya, selain itu diadakan juga kuis berhadiah. Fakultas Teknobiologi UAJY menyediakan 12 hadiah bagi 12 peserta beruntung yang dapat menjawab pertanyaa. Setelah produk es krim jadi, para peserta dapat mengkonsumsi produk es krim bayam merah.

Acara pelatihan berlangsung lancar dengan antusias peserta yang tinggi. Harapannya, kegiatan ini dapat dijadikan bekal para peserta didik dalam berwirausaha.

Leave a Comment