Pelatihan Bioassay “Penanganan Hewan Uji Mencit dan Tikus”

Bioassay merupakan metode analisis untuk menentukan konsentrasi atau potensi suatu zat berdasarkan pengaruhnya terhadap sel atau jaringan hidup. Analisis ini erat kaitannya dengan kajian bioteknologi baik pada bidang farmasi, pangan atau lingkungan. Sebagai salah satu metodologi pengujian, keterampilan merupakan bekal penting mahasiswa untuk mendukung kegiatan penelitian tugas akhir ataupun ketika memasuki dunia kerja.

Laboratorium Teknobio-lingkungan menyelenggarakan Pelatihan Bioassay dengan topik khusus “Teknik Penanganan Hewan Uji Mencit dan Tikus”. Pelatihan ini ditujukan untuk mahasiswa dengan minat dan topik penelitian tugas akhir menggunakan metode bioassay khususnya hewan uji mencit dan tikus. Materi pelatihan terdiri dari statistik rancangan percobaan, metode pemeliharaan serta penanganan hewan uji. Peserta melakukan praktik secara langsung penanganan hewan uji yang terdiri dari metode pemberian obat/sediaan, pemberian luka, teknik bedah dan pengambilan sampel organ.

Pelatihan Bioassay kali ini dimentori oleh bapak Yuli Yanto dari Laboratorium Gizi, Pusat Studi Pangan dan Gizi, UGM. Pelatihan dilaksanakan secara hands on dengan peserta sejumlah 8 orang sehingga praktik dan diskusi berjalan lebih efektif. Kegiatan ini telah terlaksana pada hari Sabtu, 10 September 2022 dari pukul 09.00-12.00. Melalui pelatihan ini diharapkan dapat mempersiapkan mahasiswa dalam melaksanakan penelitian dan memberikan pengetahuan lebih detail karena diajarkan langsung oleh praktisi yang telah berpengalaman.

Leave a Comment