Kuliah Umum Teknobio Industri – Pengenalan Produk Biofarmasetik


Industri biofarmasetik semakin berkembang seiring dengan perkembangan jaman, terutama di masa pandemicsaat ini. Vaksin yang merupakan salah satu produk biofarmasetik, digunakan secara luas di seluruh dunia sebagai salah satu upaya pencegahan penyakit, termasuk Covid-19.

Untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang produk biofarmasetik, Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta menyelenggarakan Kuliah Umum Teknobio Industri dengan topik “Pengenalan Produk Biofarmasetik” pada Selasa, 13 Januari 2022. Sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah apt. Tri Ariyani, S.Farm. yang merupakan staf produksi vaksin Difteri di PT. Bio Farma (Persero).

Kuliah umum ini dihadiri oleh sekitar 50 mahasiswa dan beberapa tenaga pengajar dari Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan disiarkan juga secara live di youtube. Dalam kuliah umum tersebut diulas materi tentang proses produksi vaksin secara umum, tahapan-tahapan yang harus dilalui dari awal produksi hingga diperoleh ijin edar vaksin, serta unit-unit yang ada dalam industri biofarmasetik beserta tugasnya. Pada sesi diskusi dibahas juga topik yang sedang hangat dibicarakan di masyarakat terkait program vaksinasi. Melalui kuliah umum ini, diharapkan mahasiswa semakin memahami proses produksi produk biofarmasetik dan dapat turut serta menyukseskan program vaksinasi yang dicanangkan oleh pemerintah