Kegiatan Mahasiswa Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta


Selain melakukan kegiatan perkuliahan, Mahasiswa dan Mahasiswi Fakultas Teknobiologi Program Studi Biologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta dapat melakukan kegiatan diluar perkuliahan melalui PRESMA (Presidium Mahasiswa) dan KSB (Kelompok Studi Biologi). Kegiatan yang dilakukan dapat berupa kegiatan internal maupun kegiatan yang bekerja sama dengan pihak luar. Apa saja kegiatan tersebut?

1. Penelitian

Penelitian adalah sebuah wadah bagi Mahasiswa/i agar dapat mengaplikasikan teori yang didapatkan selama perkuliahan melalui berbagai kegiatan penelitian, baik secara mandiri maupun dengan pendanaan. Topik penelitian yang dilakukan dapat beragam dan disesuaikan dengan konsentrasi studi yang dipilih, mulai dari antimikrobia, kosmetika, antiinflamasi, modifikasi genetik, perbanyakan secara in-vitro, pengolahan limbah, keanekaragaman hayati, bakteri asam laktat, edible film, keamanan pangan dan topik lainnya yang berkaitan dengan konsentrasi studi yang terdapat di FTb UAJY, yakni Teknobio-Industri, Teknobio-Lingkungan dan Teknobio-Pangan.

Penggunaan High Performance Liquid Chromatography dan Thin Layer Chromatography untuk mengidentifikasi dan mengisolasi senyawa yang terdapat dalam sampel

Isolasi materi genetik tumbuhan untuk dimodifikasi sehingga menghasilkan tumbuhan yang lebih unggul

2. Latihan Kepemimpinan dan Manajemen (LKKM)

LMKK adalah fasilitas yang disediakan FTb UAJY, khususnya dari pihak PRESMA FTb UAJY untuk Mahasiswa/i baru agar bisa menyesuaikan diri dengan kondisi perkuliahan mengingat kondisi perkuliahan yang akan sangat berbeda dengan kondisi saaat SMA. LMKK juga diselenggarakan agar Mahasiswa dan Mahasiswi baru dapat lebih mengenal teman-teman satu angkatan dan sistem perkuliahan yang berlangsung di FTb UAJY!

3. Bird Watching

Bird Watch atau pengamatan burung adalah salah satu agenda dari Kelompok Studi Biologi (KSB) FTb UAJY. Kegiatan ini berfokus pada pengamatan dan pendataan jenis burung apa saja yang eksis di suatu kawasan. Tujuan dari agenda ini yaitu untuk melakukan sensus data burung tertentudi suatu Kawasan untuk mengetahui pertambahan atau penurunan populasi yang mungkin terjadi per tahunnya; serta untuk mengeksplorasi spesies lain. Berikut beberapa dokumentasinya.

Monitoring Tyto Alba Javanica
28-29 Februari 2019
Dusun Cangcangan Kaliurang Jogja
Mengamati Bagaimana Burung Hantu Putih “Serak Jawa”, Bersarang, Berburu dan sebagainya

Boeharti (Pengamatan Burung di hari Batik Nasional)
4 Oktober 2020 (atas) dan 10 Oktober 2019 (bawah)
Taman Pendopo Kawasan Hotel Ambarukmo Plaza Jogja
Mengamati Migrasi Burung Jalak Cina

Pengamatan Burung Pantai
2020
Muara Progo, Muara Baros
Mengamati Beberapa Burung Migran seperti Kedidi, Trinil di Muara Progo dan Burung Kuntul di Muara Baros Pada Musim Migran

Pengamatan Mini Riset PPBJ Dom Bronggang
20-26 Juli 2020
Dom Bronggang Kaliurang Jogja
Mengamati Spesies Burung di Dom Bronggang

Jogja Bird Watching (JBW) bersama Paguyuban Pengamat Burung Jogja (PPBJ)
23 Desember 2020
Titik Nol Kota Yogyakarta
Mengamati Burung Kota dan Perhitungan Burung Layang-layang Asia Yang Terdapat di sekitar Titik Nol Kota Yogyakarta

Acara Jogja Bird Watching (JBW) dan Asian Waterbird Census (AWC)
26 dan 28 Januari 2021
Hutan Aboretum UGM da Desa Kentingan Yogyakarta
Mengamati Burung “Cangak Abu” dan Burung “Kowak Malam Abu”

4. Seminar/Webinar dan Workshop

Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta kerap kali melakukan webinar, yakni seminar yang bisa diakses melalui web maupun aplikasi. Webinar diselenggarakan untuk memperluas pengetahuan Mahasiswa dan Mahasiswi serta tenaga pendidik mengenai perkembangan ilmu pengetahuan hingga aplikasinya di dunia kerja maupun penelitian. Selain menyelenggarakan webinar, Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta juga melakukan workshop yang tentunya dilakukan secara online. Pemateri webinar maupun workshop bisa berasal dari kalangan internal Fakultas Teknobiologi maupun kalangan eksternal Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

5. Pameran

Pameran adalah suatu event atau acara yang memberikan kesempatan kepada para Mahasiswa dan Mahasiswi FTb UAJY untuk berpartisipasi dalam pertunjukkan hasil karya atau penelitiannya baik dari tingkat kampus hingga tingkat nasional. Berbagai jenis pameran yang dilakukan antara lain pameran hasil kewirausahaan hingga pameran hasil penelitian mahasiswa

6. BIOFAIR

BIOFAIR adalah program tahunan Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta dalam rangka memperingati Hari Bumi yang bertujuan meningkatkan kesadaran manusia akan pentingnya menjaga bumi. Untuk BIOFAIR tahun ini, tema dan jargon yang diusung adalah

Restore Our Earth

“Less Food Waste, Less Food Loss”

#SmallActionCounts

7. Lomba dan Kompetisi

Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta juga menyelenggarakan berbagai lomba dan kompetisi baik pada tingkat Sekolah Menengah Atas hingga Universitas dengan berbagai tema. Tak hanya menyelenggarakan, FTb UAJY juga senantiasa mendukung dan memfasilitasi mahasiswa/i untuk berpartisipasi dalam lomba dan kompetisi internal hingga eksternal, seperti Olimpiade Sains Nasional, Program Kreativitas Mahasiswa, Lomba Inovasi Digital Mahasiswa, Lomba Cerdas Cermat dan kegiatan lainnya.